Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 27 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.841 21 101.470 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

BLK Pasbar Bakal Ciptakan SDM dan Tenaga Kerja Terampil

Kamis, 23 Juni 2022 | 21:36 WIB Last Updated 2022-06-24T01:14:33Z

Wakil Bupati Risnawanto Melakulan Pengguntingan Pita Peresmian BLK Pasbar.
 

Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) masih memiliki beberapa persoalan, terutama menyangkut ketenagakerjaan, khususnya kualitas para calon tenaga kerja yang masih tergolong rendah. Ini lantaran kurang dan terbatasnya fasilitas yang ada di kabupaten tersebut.


Mensiasati itu, BLK ini dibangun untuk meningkatkan sumber daya manusia dan menciptakan tenaga kerja terampil dan mandiri dalam dunia kerja.


Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto yang didampingi stakeholder terkait saat meresmikan Gedung Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) dan pembukaan pelatihan kejuruan teknik listrik tahun 2022, Kamis (23/6/2022) di UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja, Plasma V Giri Maju, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo.


Wabup Risnawanto menjelaskan, pandemi Covid-19 yang terjadi mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) Pasbar tahun 2021, tercatat 9.979 orang yang tidak bekerja atau mencari kerja dengan tingkat pengangguran terbuka sekitar 4.69%. Angka tersebut, didominasi kelompok umur 20-24 tahun sebanyak 3.793 orang.


Untuk itu, Pemkab lewat Dinas Tenaga Kerja membangun BLK sebagai salah satu instrumen peningkatan kompetensi, yang diharapkan dapat mengasah keterampilan para calon tenaga kerja, khususnya para lulusan SMK/SMA. Agar nantinya mereka dapat meningkatkan kualitasnya sebagai modal dalam mencari pekerjaan. 


"BLK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan yang diselenggarakan bagi non formal masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, profesi, bekerja, usaha mandiri, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," tutur Wabup Risnawanto. 


Ia menambahkan, UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja terdiri dari 2 unit workshop yaitu workshop otomotif dan workshop listrik. Untuk tahap awal, balai latihan mengadakan kegiatan pelatihan kerja sebanyak 2 paket pelatihan. 


Ia berharap kerjasama dan dukungan semua pihak untuk menekan dan menurunkan angka pengangguran di Pasbar. 


Hal serupa juga disampaikan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Yulitri Susanti, S.Pi., yang menyatakan dukungannya terhadap BLK Pasbar. Ia berharap BLK Pasbar mampu berkontribusi menciptakan tenaga kerja yang terampil dan mengurangi pengangguran di Pasbar.


"Kami sangat mendukung hal ini, begitu juga dengan BLK Padang. Kita akan saling berkolaborasi dalam meningkatkan kapasitas, sarana dan infrastruktur. Melalui BLK ini, Insya Allah dapat berkontribusi memberikan pelatihan dan keterampilan yang tentunya sesuai dengan pasar kerja," sebutnya.


Selain itu, Ketua DPRD Pasbar Erianto menyatakan sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan. Ia berharap, setelah adanya pelatihan mengenai kelistrikan dan otomotif, akan ada kegiatan lain yang dicanangkan di BLK.


Kadis Tenaga Kerja Armen menyebutkan beberapa tujuan BLK diantaranya sebagai sarana pelatihan bagi masyarakat yang tidak memiliki keahlian khusus, melatih tenaga kerja agar memiliki keahlian dan keterampilan di bidang tertentu, meningkatkan produktivitas tenaga kerja, memperluas lapangan usaha dan kesempatan kerja.


"Juga menciptakan pelatihan produksi serta uji keterampilan, mendorong dan mengembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan motivasi dan jiwa mandiri," paparnya.


Tahap awal BLK mengadakan pelatihan pemasangan listrik bangunan sederhana dengan 16 peserta dan 4 orang cadangan. Peserta Cadangan diperuntukan jika ada peserta pelatihan yang tidak hadir selama 3 hari berturut-turut, maka peserta tersebut akan dikeluarkan dan diganti dengan peserta cadangan.


"Dinas Tenaga Kerja sudah membuka pendaftaran peserta pelatihan sejak tanggal 31 Mei 2022 sampai dengan 8 Juni 2022. Jumlah calon peserta yang mendaftar sebanyak 88 orang," terang Armen. (Robi)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update