Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Maksimalkan Keberadaan Forum Nagari Siaga

Senin, 30 Mei 2022 | 19:54 WIB Last Updated 2022-05-30T14:47:38Z

Salah satu Posko Forum Nagari Siaga di Kabupaten Pesisir Selatan.
 

Painan, Rakyatterkini.com – Lantaran besarnya peran yang bisa dilakukan oleh Forum Nagari Siaga dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama sekali guna mengantisipasi berbagai penyakit menular, maka diharapkan semua walinagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mendorong untuk memaksimalkan fungsi forum tersebut.


Kepada masyarakat juga diminta agar kehadiran forum ini didukung secara bersama-sama, agar berbagai program yang direncanakan bisa berjalan secara optimal.


Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni kepada Rakyatterkini.com, Senin (30/5/2022). Pernyataan itu disampaikan untuk meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat di daerah itu.


"Selain meningkatkan sarana dan prasarana medis, daerah juga perlu meningkatkan fungsi dan kapasitas masyarakat melalui Forum Nagari Siaga. Sebab forum ini akan memberikan kontribusi yang besar bagi daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama dalam mengantisipasi berbagai penyakit menular," katanya.


Karena peran itu, sehingga pihaknya akan terus mendorong dan memotivasi semua nagari untuk menghidupkan Forum Nagari Siaga yang berorientasi dengan penyehatan lingkungan.


Persoalan kesehatan masyarakat merupakan tanggungjawab bersama. Dengan terbentuk dan aktifnya Forum Nagari Siaga, tentu berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, terutama menyangkut dengan kesehatan dan lingkungan, bisa dilakukan pemecahannya secara bersama-sama.  


Dikatakannya, itu bisa dilakukan, karena yang tergabung dalam forum tersebut terdiri dari tenaga kesehatan mulai dari bidan desa atau nagari hingga ke tingkat puskesmas beserta para dokternya. Mereka itu akan saling berkoordinasi dengan pemerintahan nagari dan para kader lainnya, dalam menghadapi persoalan lingkungan dan kesehatan masyarakat.


Sehingga bila terjadi persoalan di masyarakat, pemecahan solusi atau tindakan-tindakan yang mesti dilakukan, bisa dengan cepat, termasuk juga dalam mengantisipasi penyebaran penyakit menular.


Diakuinya, bahwa keterbatasan sarana pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil, menjadi salah satu penyebab penyebaran informasi dan sosialisasi tentang kesehatan menjadi tidak maksimal.


Ditambahkan,  untuk tingkat kecamatan, koordinasi forum Siaga Nagari dilakukan di setiap puskesmas pada masing-masing kecamatan atau wilayah kerja.


Saat ini di Pessel terdapat 21 puskesmas yang menjadi pusat koordinasi Forum Siaga Nagari. Puskesmas ini, tersebar di 15 kecamatan, sebab di beberapa kecamatan tertentu, ada yang memiliki dua puskesmas, seperti Kecamatan Bayang, Koto XI Tarusan, IV Jurai, Batangkapas, Lengayang, dan Kecamatan Sutera.


Anggota DPRD Pessel, Yusli Mardan, ketika dihubungi kemarin (27/5/2022) mengakui, keberadaan Forum Siaga Nagari memiliki kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat di daerah itu.


Sebagai daerah yang sebagian nagarinya masih ada yang sulit terjangkau, sehingga kehadiran Forum Siaga Nagari menurut perannya, akan memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan secara merata. Dari itu dukungan masyarakat dan peran aktif walinagari bersama perangkat yang ada sangatlah diharapkan.


"Ini saya sampaikan, agar pemerataan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat Pessel bisa menjangkau semua nagari yang ada," ucapnya. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update