Notification

×

Iklan

PLTA Koto Panjang Buka Pintu Waduk, Debit Air Meningkat

Rabu, 17 April 2024 | 22:30 WIB Last Updated 2024-04-17T15:30:00Z

Waduk PLTA Koto Panjang. | Foto riau online

Kampar, Rakyatterkini.com - Manajemen PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, kembali membuka dua pintu waduk, Rabu (17/4/2024) siang.

Pembukaan pintu waduk setelah beberapa pekan ditutup total karena debit air turun. Namun, hari ini PLTA Koto Panjang melakukan pembukaan dua pintu waduk karena debit air mengalami peningkatan.

Cecep Sofhan Munwar, Manager PLTA Koto Panjang, menyatakan pembukaan pintu pelimpahan dilakukan karena naiknya debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

"Dengan pembukaan dua pintu tersebut, tidak ada lagi pintu waduk PLTA Koto Panjang yang dibuka. Maka dengan penutupan pintu tersebut, perkiraan air permukaan sungai sekitar 20-25 cm dari kondisi sebelumnya," ungkap Cecep.

Dia menambahkan bahwa ada kenaikan elevasi waduk sebesar 18 sentimeter akibat curah hujan semalam. Oleh karena itu, dilakukan pembukaan dua pintu spillway dengan lebar masing-masing 30 sentimeter.

Pembukaan pintu waduk ini merupakan langkah penting setelah beberapa pekan terakhir PLTA Koto Kampar menutup keseluruhan pintu waduk. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update