Notification

×

Iklan

Padang Mangateh, Keindahan Mini Ranch Sijawi di Ranah Minang

Rabu, 17 April 2024 | 23:00 WIB Last Updated 2024-04-17T16:00:00Z

Sapi perahan dan panorama alam di Padang Mangateh. | Foto kabar bumn

Limapuluh Kota, Rakyatterkini.com - Sumatera Barat memang kaya dengan destinasi wisata, salah satunya adalah Padang Mangateh di Kabupaten Limapuluh Kota. 

Di sini, pengunjung akan merasakan sensasi seperti berada di Selandia Baru atau New Zealand, meskipun sebenarnya berada di Ranah Minang.

Padang Mangateh awalnya merupakan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) yang sudah ada sejak zaman Belanda dan tetap eksis hingga kini. 

Kini, destinasi ini membuka Mini Ranch Sijawi yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Banyak warga yang memanfaatkan liburan Idul Fitri dengan mengunjungi tempat ini. Namun, pengunjung hanya diperbolehkan sampai di Mini Ranch Sijawi, sedangkan untuk masuk lebih jauh harus melalui surat kedinasan.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk saat berada di depan gerbang masuk. Mereka hanya perlu mengisi nama di buku kedatangan dan formulir di internet serta memperlihatkan kartu tanda pengenal.

Setelah itu, pengunjung bisa langsung menuju lokasi Mini Ranch Sijawi melalui track perjalanan yang melewati jalanan setapak penuh batu kerikil yang diberi jerat kawat di sekitarnya. Di beberapa perhentian, terdapat gazebo untuk istirahat, jembatan kecil, dan outlet minuman.

Di Mini Ranch Sijawi, pengunjung dapat menikmati padang rumput yang hijau, mirip dengan savana di luar negeri. Padang Mangateh terletak di Kabupaten Limapuluh Kota, sekitar 230 kilometer dari Padang. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update