Notification

×

Iklan

Ribuan Perangkat Nagari Demo ke Kantor Bupati, Ini Dua Tuntutannya

Senin, 20 Maret 2023 | 14:52 WIB Last Updated 2023-03-20T07:52:24Z

Ribuan perangkat nagari demo ke kantor bupati Pesisir Selatan.

Painan, Rakyatterkini.com - Ribuan perangkat nagari di Pesisir Selatan menggelar aksi demontrasi di depan Kantor Bupati Pesisir Selatan, Senin (20/3/2023).

Massa yang berasal dari 15 kecamatan di Pesisir Selatan ini mulai mengerumuni lokasi aksi sekitar pukul 10.20 WIB. Mereka menyampaikan tuntutannya di halaman kantor bupati Pesisir Selatan.

Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), Epi Syofyan dalam orasinya meminta Pemkab Pesisir Selatan mengembalikan hak-hak perangkat nagari yang terpangkas.

“Kembalikan hak-hak kami sebagaimana telah diatur dalam PMK nomor 41 tahun 2022 dan UU Desa nomor 6 tahun 2014,” kata Epson. Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Epson itu juga menyampaikan beberapa tuntutan.

Pertama, menolak adanya pemotongan atau pengurangan penghasilan tetap wali nagari, dan perangkat nagari beserta bamus.

Kedua, menolak penghilangan tunjangan secara keseluruhan. “Minimal samakan dengan tahun 2022 lalu,” tegas Epson.

Ia menegaskan, bila tuntutan tersebut disanggupi dan ditandatangani oleh Bupati Pessel, maka massa akan membubarkan diri.

Hingga berita ini diturunkan, perwakilan PPDI tengah melakukan audiensi dengan Pemkab Pessel. Massa pun masih mengerumuni di depan kantor bupati.

Dalam audiensi itu, PPDI dihadiri oleh KSB dan satu orang perkecamatan. Pemkab Pessel sendiri diwakili oleh Sekda Mawardi Roska.

Dari informasi yang yang beredar Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar sedang berada di Jakarta, pada saat ini. (ind)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update