Notification

×

Iklan

Paripurna DPRD, Bupati Tanah Datar Sampaikan LKPj

Selasa, 14 Maret 2023 | 08:45 WIB Last Updated 2023-03-14T01:45:08Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, sampaikan LKPj pada sidang paripurna DPRD.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Rapat Paripurna DPRD Tanah Datar, mendegarkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) bupati Tahun 2022, Senin (13/3/2023) di ruangan sidang DPRD setempat.

Bupati Eka Putra dalam LKPjnya mengatakan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022 sebesar Rp127 Miliar dengan realisasi sebesar Rp144 Miliar atau 113,30%.

Pendapatan Transfer dianggarkan sebesar Rp1,5 Miliar dengan realisasi sebesar Rp1,2 Miliar atau 97,14%. Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah dianggarkan sebesar Rp4 Miliar terealisasi sebesar Rp3,8 Miliar atau 92,94%.

Untuk realisasi belanja dari anggaran belanja daerah tahun 2022 sebesar 1,2 Miliar dengan realisasi sebesar Rp1,1 Miluar atau 92,14% terdiri dari Belanja Operasional, Belanja Modal, Belanja Tidak Terduga dan Belanja Transfer.

Eka Putra juga sampaikan dari realisasi pembiayaan netto yang dianggarkan sebesar Rp100 Miliar dengan realisasi sebesar Rp101 Miliar atau 100,07% terdiri dari sisa lebih perhitungan anggaran di tahun sebelumnya dan pengeluaran pembiayaan daerah.

Sementara untuk perubahan anggaran disampaikan Eka Putra dilatar belakangi oleh perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA seperti indikator makro daerah yang perlu penyesuaian kembali terhadap target capaian indikator makro daerah, hal itu juga dipicu dengan membaiknya kondisi daerah pasca pandemi Covid-19.

Dikatakan, yang melatar belakangi perubahan APBD, seperti PDRB atas harga berlaku, keadaan yang menyebabkan harus diberlakukan pergeseran antar unit organisasi, antar kegiatan, kelompok, maupun jenis belanja, keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun anggaran sebelumnya serta keadaan darurat.

Untuk perubahan pendapatan Eka Putra sampaikan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya perubahan pencapaian target PAD, perubahan penerimaan dana transfer, kebijakan pengalokasian kembali silpa TA 2021.

Untuk urusan pemerintahan konkuren yang menjadi kewenangan daerah terdiri atas urusan pemerintahan wajib dan pilihan dikatakan Eka Putra Kabupaten Tanah Datar menyelenggarakan 23 urusan wajib dan 6 urusan pilihan. 

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga sampaikan beberapa prestasi daerah yang diraih selama tahun 2022 diantaranya Peringkat II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Kabupaten Tanah Datar termasuk salah satu dari sepuluh kabupaten yang realisasi pendapatannya tertinggi pada triwulan I, Tanah Datar memperoleh sepuluh kali berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah dari BPK RI, kabupaten layak anak kategori mayda, nominasi ADWI, Juara I TPPKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Juara I Nasional Desa Wisata berkembang desa wisata Nagari Tuo Pariangan. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update