Notification

×

Iklan

Jeruk Lemon asal California Dikembangkan di Lereng Singgalang

Sabtu, 11 Maret 2023 | 06:33 WIB Last Updated 2023-03-10T23:50:24Z

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, tanam jeruk lemon.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Sektor pertanian mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama petani di Kabupaten Tanah Datar. 

Usaha pertanian merupakan sumber pendapatan utama bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Datar. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus berupaya meningkatkan perekonomian, khususnya masyarakat petani dengan menanam jeruk lemon.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian saat melakukan penanaman perdana Jeruk Lemon Marapi Singgalang (Lemersing) di Lahan percontohan Daerah Solok Nagari Aie Angek Kecamatan X Koto, Jumat (10/3/2023).

Wabup mengatakan Nagari Aie Angek secara geografis berada pada daerah pegunungan, komoditi jeruk lemon mempunyai potensi yang cukup baik untuk dikembangkan di Nagari Aie Angek sebagai usaha pertanian.

Secara agribisnis komoditi jeruk lemon dapat meningkatkan pendapatan petani dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi dan menguntungkan karena bisa dipanen setiap minggu. 

Ke depan Wabup berharap, agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan sampai komoditi jeruk lemon dapat berkembang dengan baik di Nagari Aie Angek sebagai bagian peningkatkan produktivitas produk pertanian umumnya dan produktivitas hortikultura khususnya.

Sementara itu Ketua HMP Sumbar Candra Faisal, jeruk lemon ini bersal dari California yang sudah dibudidayakan di Jawa Barat dan sangat cocok di Nagari Aie Angek dengan kondisi geografisnya.

Komoditi ini sangat menjanjikan untuk meningkatkan perenomian, dimana untuk waktu panen dengan waktu yang singkat yaitu 14 bulan.

Candra jelaskan, dengan luas 1 hektare membutuhkan bibit 800 batang dengan jarak 3-4 meter dengan tinggi 1,5 meter dengan hasil 3 ton per panen. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update