Notification

×

Iklan

Jaga Pasokan dan Harga, Way Kanan adakan Gerakan Pangan Murah

Jumat, 17 Maret 2023 | 17:14 WIB Last Updated 2023-03-17T10:14:33Z

Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman, saat pakan murah.

Way Kanan, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman, menghadiri gerakan pangan murah (GPM), di halaman kantor Kecamatan Banjit, Kamis (16/3/2023).

Ali Rahman mengatakan komoditas pangan di Indonesia yang umumnya diproduksi pada wilayah tertentu, dan bersifat musiman, sementara konsumsi tersebar merata di seluruh daerah dan relatif konstan sepanjang tahun. 

Berbagai faktor yang menghambat distribusi pangan sehingga terjadinya kesenjangan antara produsen dan konsumen, diantaranya hambatan pasokan, cuaca, biaya pengangkutan yang tinggi, kualitas infrastruktur, perilaku pedagang, dan pengelolaan stok. 

Dimana kondisi tersebut seringkali menimbulkan terjadinya fluktuasi pasokan, dan harga pangan yang berakibat ketidakpastian harga pangan, baik di tingkat produsen maupun konsumen, dimana dalam ekskalasi lebih luas akan mempengaruhi inflasi pangan.

Dengan pola panen antar waktu menyebabkan variasi suplai/produksi dan harga pangan antar waktu. Menurut pola panen komoditas tersebut karena pada saat terjadi panen raya, maka suplai akan meningkat dan demikian sebaliknya pada periode panceklik suplai akan berkurang.

Pada saat kondisi inflasi terjadi, Wabup menjelaskan kenaikan harga-harga pangan pokok strategis cukup mempengaruhi daya beli masyarakat. 

Dengan gerakan pangan murah ini, diharapkan dapat membantu menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis, rantai distribusi pemasaran yang terintegrasi serta mencegah terjadinya patron-client.

Dimana pemasukan pangan ke pasar suatu wilayah hanya boleh dipasok oleh pelaku usaha tertentu saja, dan menghindari penyelehgunaan market power oleh pelaku usaha tertentu, kata Ali Rahman. (esap)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update