Notification

×

Iklan

Agam Dilanda Hujan Lebat, 8 Kecamatan Terdampak Bencana Alam

Rabu, 29 Maret 2023 | 15:51 WIB Last Updated 2023-03-29T09:18:01Z

LONGSOR -  Tanah longsor di Jorong Pauah, Nagari Panta Pauah, Kecamatan Matur. menutupi akses jalan sepanjang 10 meter tinggi 2.5 meter. | Foto bpbd agam

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com — Dampak curah hujan tinggi disertai angin kencang sepanjang Selasa, (28/3) malam, memicu serangkaian musibah di kabupaten Agam. Tercatat 8 kecamatan terdampak dengan 13 titik lokasi kejadian.

Berdasarkan  data Pusdal.Ops.BPBD Agam mengurai beberapa lokasi terdampak cuaca ekstrem yang terjadi di berbagai kecamatan, masing-masing, di Kecamatan Tanjung Mutiara pohon tumbang, di Jorong Cacang Randah, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara yang menimpa bangunan kantor Jorong Cacang Randah.

Kemudian di Kecamatan Lubuk Basung pohon tumbang di Parak Panjang Nagari Kampung Tangah yang menutup akses jalan dan menimpa kabel listrik, pohon tumbang di Pincuran Tujuah Jorong Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, menimpa rumah masyarakat.

Di kecamatan Tanjung Raya, tanah longsor di Jorong Alai Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, menutupi sebagian ruas jalan Provinsi Manggopoh-Padang Lua.

Longsor di Jorong Batuang Panjan, Nagari Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya, material menutupi akses jalan sepanjang 10 m tinggi 1.5 m, banjir masuk ke sekolah MTsN Muhammadiyah setinggi 35 cm.

Kemudian banjir di Jorong Batuang Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya yang mengenangi rumah warga milik Andi Saputra,(29) yang membawa material lumpur setunggi 10 cm, yang sudah diungsikan ke rumah tetangga.

Selanjutnya Kecamatan Matur, tanah longsor di Jorong Pauah Nagari Panta Pauah, yang menutupi akses jalan sepanjang 10 meter tinggi 2.5 meter.

Kemudian tanah longsor di Jorong, Taruyan Nagari Tigo Balai Kecamatan Matur menutupi jalan Kabupaten sepanjang 20 meter ketinggian material 2 meter.

Kemudian di Kecamatan IV Koto terjadi musibah banjir di Jorong Galadua, Nagari Balingka yang menggenangi akses jalan, banjir di Jorong Koto Baru, Nagari Koto Tuo yang menggenangi rumah warga mencapai 2 meter, masing-masing milik Yetri, (53) yang rusak berat dihantam banjir, rumah Gusdi Herman (47), Amira wati (41) dan Elasa Miliardiana (34) yang digenangi banjir setinggi 10-20 cm.

Kemudian di Kecamatan Malalak, longsor di Batu Apik, Nagari Malalak Timur, di Kecamatan Palupuah tiang telkom roboh di Jorong Air Kijang, Nagari Nan Tujuah, dan di Kecamatan Tilatang Kamang terjadi banjir di Jorong Aro Kandikir, Nagari Gadut yang menggenangi rumah warga setinggi 35-50cm.

Di beberapa lokasi, tim gabungan BPBD Agam sudah melakukan penanganan awal dan akan dilanjutkan pembersihan Rabu siang ini, jelas Bambang Warsito, kepala BPBD Agam. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update