Notification

×

Iklan

Gubernur Lepas 3.900 Mahasiswa KKN UNP

Senin, 09 Januari 2023 | 17:00 WIB Last Updated 2023-01-09T12:28:13Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi lepas mahasiswa KKN UNP secara daring.

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Padang (UNP), Senin (9/1/2023), secara daring yang disiarkan langsung melalui zoom meeting.

Gubernur menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan KKN ini sebagai kontribusi nyata UNP terhadap permasalahan masyarakat. 

Peran serta UNP diwujudkan dengan mengirimkan mahasiswa KKN ke berbagai daerah di Indonesia. 

Mahasiswa KKN UNP yang terbagi dalam beberapa tematik yang tersebar di berbagai daerah di Sumbar. Ia berharap dengan beberapa tema-tema tersebut dapat juga disinergikan dengan permasalahan yang marak terjadi akhir-akhir ini seperti masalah narkoba, LGBT, Stunting, harga pangan, dll. 

"Pada tahun 2022 yang lalu terjadi kenaikan harga pangan tertinggi di dunia, kami berharap di 2023 dengan adanya KKN Tematik UNP bisa mensinergikan programnya dengan mengedukasi masyarakat dan meningkatkan ketahanan pangan di Sumbar," ujar gubernur. 

Gubernur menginformasikan pada Mei 2023 nanti akan diadakan kegiatan Latsitardanus XLIII yang akan dihadiri oleh 3.000 taruna Akademi Militer dan Kepolisian, Praja IPDN dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. 

Rektor UNP Ganefri menuturkan dengan adanya program KKN dan kampus merdeka ini, diharapkan mahasiswa dapat mengedukasi masyarakat dalam menghadapi perkembangan teknologi. 

Dalam kebijakan merdeka belajar kampus merdeka, KKN merupakan salah satu strategi untuk bisa lebih mendekatkan mahasiswa di tengah masyarakat agar mereka bisa berkontribusi di sektor pendidikan.

"Kita terus mengembangkan 3 hal guna meningkatkan kompetensi mahasiswa UNP ini, yaitu  menerapkan digital management, digital leadership dan digital learning," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua LPPM UNP, Yohandri, periode KKN UNP Januari-Juni ini merupakan periode pertama di tahun 2023. 

Sejak 2020 hingga 2023, UNP sudah menerjunkan mahasiswa sebanyak 29.379 orang dengan berbagai tema dan kegiatan.

Periode ini 3.900 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN terbagi atas beberapa skema, yaitu secara reguler dan tematik. 

KKN tematik seperti tematik stunting bekerja sama dengan BKKBN, tematik dengan dinas Kab. Sijunjung, tematik siaga bencana dengan BMKG. (via)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update