Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sah, Anak Nagari Surantih Serahkan Draf Revisi AD/ART KAN

Sabtu, 03 September 2022 | 16:51 WIB Last Updated 2022-09-26T08:19:41Z

Anak Nagari Surantih dan ninik mamak serta angku-angku, cadiak pandai foto bersama usai penyerahan Draf Revisi AD/ART KAN setempat.
 

Painan, Rakyatterkini.com –Alhamdulilah, kesepakatan yang dibuat Anak Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, dalam rangka  duduak basamo dengan ninik mamak se-Kenagarian Surantih, agenda menyerahkan draf revisi AD/ART KAN setempat, terlaksana dan berjalan lancar. Malah, semuanya sangat setuju.


Sebagai Anak Kenagarian Surantih, H. Saidal Masfiudin membacakan dan menerangkan kepada niniak mamak tentang  AD/ART yang direvisi, dimana itu dibentuk sejak beberapa tahun lalu, dan kini sudah diserahkan, sekaligus dibacakan dihadapan bersama, agar  semua bisa memahaminya.


"Karena beberapa hal sebelum itu dianggap sudah tidak relevan lagi, maka dengan keadaan dan kondisi kini, alhamdulillah hari ini kami sebagai anak nagari telah memberikan draf tersebut. Kalau seandainya dibacakan dihadapan bersama  tidak sesuai dan tidak sepaham, silahkan berkomentar di rapat ini," tutur Saidal.


Draf AD/ART KAN Kenagarian Surantih diharapkan dapat menjadi pedoman, acuan bagi angku-angku niniak mamak, yang dituokan salangkah, dalam bertindak, berbuat di dalam mengurus adat, sako dan pusako serta anak kemanakan di kenagarian ke depannya.


Salah satu draf AD/ART revisi itu berbunyi pada Pasal 7, No 2 yaitu:Kerapatan Adat Nagari Surantih adalah satu-satunya institusi/lembaga adat tempat himpunannya niniak mamak/penghulu dan DIHORMATI yang dalam perjalanan sakali ayie gadang, sakali tapian baraliah. Namun lembaga  ini dalam ketentuan adat salingka nagari, tetap memberikan arah dan pedoman serta tuntunan bagi anak kemenakan dalam nagari (BAIEK DIPAKAI JO MUFAKAT, BURUAK DIBUANG JO RUNDINGAN). 


Dalam rapat duduak basmo ini, dihadiri pihak Anak Nagari Surantih yaitu,H. Saidal Masfiudin, SH., Syamsiwal Hasan, SH. MH., Anggota DPRD Pessel, Jamalus MM., Datuak Rajo Basa Saharuddin, Ir. H. Firman Jalil dan Azari Sura, SH.


Di dampingi Camat Sutera, Salman Alfarisi Brutu, Kapolsek Sutera, Iptu Riki Yovrizal SH, mewakili LKAAM Sutera dan Sekretaris LKAAM, angku-angku niniak mamak, alim ulama cadiak pandai. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update