Notification

×

Iklan

Pemprov Sumbar Luncurkan Mushaf Alquran Maqashid Syariah

Minggu, 04 September 2022 | 16:27 WIB Last Updated 2022-09-04T09:27:02Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, saat peluncuran Mushaf Alquran Maqashid Syariah.

Padang, Rakyatterkini.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Yayasan Global Spirit Of Ummah resmi meluncurkan penggunaan dan distribusi Mushaf Alquran Maqashid Syariah, di Masjid Raya Sumatera Barat, Minggu (4/9/2022). 


Mushaf Alquran Maqashid Syariah merupakan mushaf pertama di Indonesia yang berisi tentang pembelajaran ekonomi dan keuangan syariah, pariwisata syariah, muamalah syariah dan kepemimpinan islami. 


Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Global Spirit of Ummah yang telah membantu Pemprov Sumbar mendistribusikan kurang lebih 5.000 eksemplar Mushaf Maqashid Syariah yang berlogokan Pemprov Sumbar.


"Insyaallah 2023 kita akan bangun kantor MUI, desainnya sudah kita siapkan, sehingga Masjid Raya Sumatera Barat ini benar-benar menjadi pusat implementasi ABS SBK, karena sebelumnya sudah dibangun kantor LKAAM, kantor Bundo Kanduang, dan nantinya akan ada kantor majelis ulama, sehingga dengan hadirnya mushaf ini bisa menambah referensi dalam penerapan implementasi ABS SBK di Masjid Raya Sumbar," lanjut Mahyeldi.


Dewan Pembina Yayasan Spirit Of Ummah Farel Muhammad Rizki, menjelaskan tentang Mushaf Maqashid Syariah, berharap. Mushaf Alquran dapat memberikan sumbangsih untuk ilmu pengetahuan ekonomi dan keuangan syariah kepada masyarakat serta menjadi referensi bagi dunia pendidikan.


Subuh mubarakah yang  diawali dengan shalat subuh berjamaah dan tausyiah oleh Ustad Ahmad Qosasih dengan judul takmirul masjid yang mempunyai arti meramaikan masjid. 


Ustad Ahmad Qosasih, mengatakan terdapat tiga komponen dalam kepengurusan masjid, yang pertama adalah Idarah Masjid, orang yang menjalankan administrasi atau manajemen masjid. 


Kedua, Ria'yatul Masjid, orang yang menjaga keamanan masjid dan jemaah, dan imatul masjid, kelompok yang menentukan bagaimana masjid tersebut syiar hidup dan dipenuhi jamaah. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update