Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Meriah, Gebyar Pesona Talago Biru Nagari Atar Sajikan Budaya Memandikan Kabau Batanduak Ameh

Sabtu, 03 September 2022 | 21:15 WIB Last Updated 2022-09-04T02:18:11Z

Bupati Eka Putra disaksikan masyarakat sedang memandikan kabau batanduak ameh di Nagari Atar.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Dalam rangka memperkenalkan kearifan lokal yang ada di setiap nagari, pemerintah daerah membuat program unggulan satu nagari satu iven. Kali ini, dilaksanakan Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, yang diberi nama Gebyar Pesona Talago Biru Atar.


Kegiatan tersebut, dibuka Bupati Tanah Datar, Eka Putra didampingi Ketua DPRD Tanah Datar, Rony Mulyadi Dt. Bungsu beserta Anggota DPRD, M. Shadiq Pasadigoe, kepala OPD, pimpinan BUMN, camat dan walinagari serta tokoh masyarakat perantau.


Kegiatan pembukaan ditandai dengan bakar talago dan memandikan kerbau oleh Bupati Eka Putra. Bakar Talago secara filosofi diyakini masyarakat Atar, sebagai bentuk sujud syukur atas panen dan suatu bentuk kegembiraan.


Selain itu, dalam acara tersebut juga muncul kembali kebudayaan lama kepermukaan seperti budaya Memandikan Kabau Batanduak Ameh, Mambaka Talago, Pacu Ondan (berenang menggunakan satu batang bambu) dan berenang menggunakan kelapa sebagai tradisi lama yang tidak dilaksanakan.


Di kesempatan itu, Bupati Eka Putra dalam sambutannya mengatakan, Gebyar Talago Biru Nagari Atar iven akan menjadi daya tarik bagi masyarakat sendiri, wisatawan dan khususnya bagi perantau Tanah Datar mendorong untuk pulang kampung melihat kekayaan budaya yang muncul setelah dilaksanakannya satu iven satu nagari ini.


Bupati Eka Putra harapkan program satu iven satu nagari, Gebyar Talago Biru mempunyai dampak terhadap peningkatan pengembangan wisata di Talago Biru dan meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di Nagari Atar.


Sebelumnya, Walinagari Atar, Halyu Pardi mengatakan, dalam upaya mendukung program Pemkab Tanah Datar, maka diupayakan membenahi Talago Biru dengan berbagai fasilitas. Sehingga, nantinya dapat digelar iven-iven di sini yang dapat mendatangkan pengunjung.


Halyu Pardi juga meminta Pemda melalui OPD terkait dapat membenahi sarana dan prasarana di Talago Biru, sehingga semakin baik dan menarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung.


Acara Gebyar Talago Biru Nagari Atar akan berlangsung selama dua hari (3-4/9-22) dengan menampilkan berbagai bentuk kebudayaan tradisional, terutama kesenian unggulan Nagari Atar.


Tokoh Perantau Nagari Atar, H. Yusparman pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih dengan program bupati terhadap satu iven satu nagari, yang bertujuan untuk menggali dan pengembangan budaya di setiap nagari. 


"Terima kasih atas perhatian bupati kepada masyarakat Atar, yang mana selama ini Atar terkenal dengan tugu foto copy, namun dengan adanya program bupati ke depannya Nagari Atar juga terkenal dengan keindahan Talago Biru," ucapnya.(Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update