Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Palanta Tarapuang Sungai Tarab Ingatkan Tempo Dulu, Semuanya Serba Klasik!

Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:55 WIB Last Updated 2022-08-31T01:15:19Z

Palanta Tarapuang Sungai Tarab, Tanah Datar.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Semilir angin menambah suasana makin terasa elok. Terlebih, pemandangan sekitar terlihat begitu indah dengan latar view memesona alam Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Tidak saja begitu, ketika mata ini memandang ke bawah, tampak jelas ikan-ikan berlarian girang ke sana ke sini di dalam kolam. Jernih dan bersih. 


Begitulah sepenggal suasana di Palanta Tarapuang yang kini hadir di atas kolam mata air jernih Sungai Tarab, tak jauh dari Kolam Renang Ucok. Menariknya, palanta terapung itu benar-benar bernuansa tradisional, yang  menjanjikan segudang pengalaman wisata kuliner khas, yang sangat berkesan lantaran lokasinya yang cukup mengundang tersebut. Penasaran? Silahkan saja berwisata ria ke kawasan itu.


Senyum manis dan wajah penuh ceria dan kesahajaan para pemandu serta pelayan Palanta Tarapuang, menjadi catatan tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang. Apalagi, tutur bahasa yang ramah, mengingatkan akan budaya masyarakat di sana yang terkenal dengan keramahannya.  


Memang, kehadiran Palanta Tarapuang, seperti cita-cita sang pemilik, Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Sungai Tarab, Suryani, yang akrab disapa Iya itu, dimaksudkan untuk mengembalikan keaslian kuliner dulu yang mulai susah dinikmati, sekaligus mengembalikan kejayaan wisata Tanah Datar dengan keindahan kolam yang dialiri mata air alami dan keasrian alam.


Iya,  menceritakan kalau dirinya ingin bisa berpartisipasi dalam membangkitkan kembali kekuatan pariwisata di bumi berjuluk Luhak Nan Tuo itu. 


"Kafe ini memiliki konsep lokal dan mengedepankan makanan ringan lokal, termasuk kopi dan teh yang khas serta unik. Pengunjung bisa menikmati pemandangannya langsung," sebutnya lagi.


Palanta Tarapuang, sebut Iya, dengan bangga menggunakan konsep Klasik yang bahannya terbuat kayu Mahoni. Tak saja itu, dalam menyajikan makanan dan minuman khas yang diproduksi UMKM binaan Pemkab tersebut, Palanta Tarapuang juga menyajikan minuman teh dan kopi dengan bahan berkualitas.


Seperti yang dicobakan langsung Ketua OK OCE Winner Indonesia, Inatul Kubra, yang turut hadir dalam soft launching, seraya mencicipi soto yang rasanya khas Sumatera Barat. 


Ketua OK OCE Winner Indonesia Inatul Kubra saat di temui yang juga telah berkunjung ke Palanta Tarapuang merasa bangga kepada pemiliknya,  yang   kreatif mengembangkan usaha guna meningkatkan perekonomian.


Sang pemilik, Iya merasa bangga telah memperkenalkan salah satu destinasi wisata kuliner ini ke tengah masyarakat.


“Saya berharap bisa berperan meningkatkan dan mengembangkan pariwisata Tanah Datar," ujarnya lagi. 


Ia mengaku merancang objek wisata kuliner restoran terapung ini, terinspirasi setelah pelatihan dari Dinas Pariwasata Tanah Datar, dengan tema objek wisata saat tour ke Lembah Arai 


"Insya Allah, akan dibangun kolam pancing dan kolam renang, khusus anak anak," ucap Iya lagi.


Beralamat di sebelah Kolam Renang Ucok, Sungai Tarab, Jorong Mandailiang, Kecamatan Sungai Tarab, palanta buka dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan aneka promo sajian.


Iya mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir membawa banyak orang, rekan dan sahabat untuk datang ke Palanta Tarapuang, karena tempat tersebut mampu mengakomodasi hingga 100 pengunjung. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update