Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kader Posyandu Serunai I Kelurahan VI Suku Kota Solok Dinilai Tim Provinsi Sumbar

Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:36 WIB Last Updated 2022-08-31T01:14:08Z

Wawako Solok, Ramadhani Kirana Putra, bersama tim penilai posyandu berprestasi.

Solok, Rakyatterkini.com - Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak, yang bertujuan mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Untuk mewujudkan itu, berbagai cara dilakukan pemerintah seperti halnya yang dilakukan  Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Quartita Evari Hamdiana, mengunjugi Kota Solok dalam rangka  penilaian lapangan ke Posyandu Serunai I Kelurahan VI Suku, Selasa 30 Agustus 2022.


Rombongan tim penilai disambut Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra. Dalam sambutannya, Wawako Ramadhani mengungkapkan, selama ini Posyandu telah berperan penting dalam memperluas dan mendekatkan akses pelayanan Keluarga Berencana (KB), serta terbukti mampu menjalankan fungsi pengendalian pertumbuhan penduduk dan memelihara kesehatan reproduksi.


Selain itu, orang nomor dua di kota itu berharap Posyandu  dapat menjadi wadah pendorong ekonomi keluarga, dengan tujuan agar nantinya masyarakat dapat dengan mudah memperoleh hak-hak dasar, khususnya hak mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan peran tersebut, posyandu tampil sebagai wadah pelayanan kesehatan dasar berbasis swadaya masyarakat, sekaligus refleksi dari tradisi gotong-royong yang sudah menjadi akar budaya masyarakat.


"Penilaian sebagai salah satu upaya pembinaan, terutama dari pemerintah provinsi, sekaligus melihat sejauhmana pelaksanaan tugas kader di lapangan serta juga menjadi bentuk motivasi bagi kader atas tugasnya itu," ujar Wawako lagi.


Di samping itu, melalui penilaian dapat memberikan motivasi kepada kader Posyandu, untuk dapat meningkatkan kinerja Posyandu dan  kepada tim ia mengatakan, lomba kader Posyandu berprestasi ini telah melalui proses seleksi yang cukup panjang. Diawali dengan lomba kader Posyandu Berprestasi Tingkat Kota Solok Tahun 2021.


"Maka, diputuskanlah melalui SK Nomor: 188.45-743-2021 tentang pemenang lomba kader posyandu berprestasi yaitu kader Posyandu Serunai IV Kelurahan VI Suku, yang diawali Ibu Yurnila Andani sebagai pemenang," tutur Wawako.


Kemudian, wawako menambahkan pada 30 sampai dengan 31 Mei 2022 lalu, telah dilaksanakan Temu Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 di Hotel Rocky Padang.


"Alhamdulillah, kader kami Ibu Yunila Andini telah ditetapkan lolos dan masuk nominasi lima besar kategori Kota Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. Untuk itu, kepada tim untuk berkenan memberikan penilaian yang terbaik kepada kader Kota Solok,  dengan harapan penilaian berjalan dengan baik dan lancar,” tutupnya. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update