Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Masih Ada Masyarakat tak Biasa Konsumsi Ikan, Kecamatan Bayang Juara Satu Lomba Forikan

Rabu, 31 Agustus 2022 | 16:04 WIB Last Updated 2022-09-16T03:02:00Z

Ketua TP-PKK Pesisir Selatan, Ny. Titi Rusma Yul Anwar foto bersama pemenang lomba Forikan tingkat TP-PKK kecamatan.
 

Painan, Rakyatterkini.com – Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar menggelar lomba masak serba ikan (Forikan) antar TP-PKK kecamatan yang ada di kabupaten berjuluk sejuta pesona itu. Lomba mengambil tema, “Yuk makan ikan  yang banyak, agar kita sehat, kuat dan cerdas”, dilaksanakan di Gedung PCC Painan, Rabu (31/8/2022). 


Ketua Tim Penggerak(TP-PKK) Pesisir Selatan, Ny. Titi Rusma Yul Anwar mengemukakan, lantaran rendahnya tingkat konsumsi masyarakat terhadap makanan ikan sebagai lauk, maka dilangsungkan kegiatan ini. Kata Ny. Titi, malah ada pula warga yang masih belum terbiasa makan ikan.


"Jadi, ada masyarakat yang belum terbiasa makan ikan," tutur Ketua TP-PKK Titi Rusma Yul Anwar di sela-sela acara tersebut.

 

Ini terjadi, lanjut dia, lantaran masih adanya anggapan kalau makan ikan  bisa menyebabkan penyakit seperti cacingan. Artinya, kondisi itu menandakan masih kurangnya pengetahuan tentang manfaat ikan sebagai makanan bergizi tinggi, untuk pertumbuhan anak dan kesehatan atau kecerdasan manusia. 


"Apalagi bagi daerah pedalaman yang sulit mendapatkan ikan segar, serta bermutu baik," sebutnya lagi. 


Karena itu, sambung dia, pemerintah harus bersinergi dengan sektor terkait guna meningkatkan konsumsi ikan  pada masyarakat. Menyangkut lomba, ucapnya, jenis lomba terdiri dari hidangan ikan untuk rumah tangga tradisional dan modern, hidangan untuk balita dan snack.


"Pesertanya adalah TP-PKK di 15 kecamatan se-kabupaten," papar istri bupati itu.


Untuk perlombaan masak serba ikan (Forikan) antar kecamatan tersebut, juara satu diraih Kecamatan Bayang, juara dua diperoleh Kecamatan BAB Tapan dan juara ketiga Kecamatan Sutera. Harapan satu didapatkan Kecamatan 4 Jurai. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update