Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kampung KB Berubah Menjadi Kampung Keluarga Berkualitas

Rabu, 03 Agustus 2022 | 15:43 WIB Last Updated 2022-08-03T08:43:36Z

Petugas KB di Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, sedang mengikuti pertemuan dengan instansi terkait.
 

Painan, Rakyatterkini.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengubah nomenklatur Kampung Keluarga Berencana (KB) menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KKB).


"Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri. Sekarang, kampung KB diubah menjadi kampung keluarga berkualitas," kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Pesisir Selatan, Zulkifli di Kantor, Rabu (3/8/2022).


Perubahan tersebut, katanya, Koordinator Lapangan Balai Penyuluh KKBPK Kecamatan Sutera, Busra Afrizal, S.IP dan  bersama PKB wilayah, Edi Warman S.IP., Irmadewi S.IP., Suratman, karena selama ini pengelolaan kampung KB seakan-akan hanya milik BKKBN dan orientasinya masih sekitar persoalan KB. 


Padahal, yang harus dilakukan di situ adalah intervensi dari semua sektor, baik ekonomi, kesehatan, pendidikan, hingga pembangunan. Untuk sekarang akan diupayakan menjadikan Kampung KB tersebut, benar benar berkualitas.


"Jadi, untuk mengubah imej tadi, tentu diubah menjadi kampung keluarga berkualitas. Sehingga, lebih umum. Perubahan ini sudah terlaksana," ujarnya.


Menurut Busra, dengan memperkenalkan kampung keluarga berkualitas, tidak hanya mengajak masyarakat ikut ber-KB atau ikut menggunakan alat kontrasepsi. Akan tetapi, kehadirannya itu untuk membangun kampung dari seluruh sektor.


Selain itu, kampung keluarga berkualitas ini juga, bukan saja milik BKKBN atau OPD teknis di kabupaten, kecamatan dan nagari, melainkan milik semua pihak, baik OPD pemda maupun swasta.


"Perlu sinergitas bersama untuk merancang program pembangunan dari tingkat bawah yaitu kampung. Jadi, ini tanggungjawab semua pihak," tutupnya. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update