Notification

×

Iklan

Wako Solok Serahkan Paket Bantuan Budidaya Ikan Sistem Bioflok

Rabu, 06 Juli 2022 | 19:39 WIB Last Updated 2022-07-06T13:44:17Z

Wako Zul Elfian Umar serahkan paket bantuan budidaya ikan kepada Pokdakan.
 

Kota Solok, Rakyatterkini.com - Walikota Solok, Zul Elfian Umar secara simbolis menyerahkan paket bantuan sarana budidaya ikan lele dengan sistem bioflok, atas aspirasi anggota DPR RI, Dr. H. Hermanto, SE. MM., serta di bawah arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, di Unit Sarana Budidaya Bioflok Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Gawan Saiyo, Jalan Sersan Basir, Kelurahan Tanah Garam, Rabu 6 Juli 2022.


Penerima program itu berasal dari Kota Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Dharmasraya. Kemudian, juga dilakukan langsung bimbingan teknis budidaya ikan lele dengan sistem bioflok oleh Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam, Ihsan Kamil.


Turut hadir dalam acara tersebut  Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa, Camat Lubuk Sikarah, Lurah Tanah Garam, serta undangan lainnya.


Pada kesempatan itu, Walikota Solok mengatakan, pelatihan ini sangat penting untuk memberikan bekal ilmu budidaya, mulai dari pembibitan sampai panen kepada anggota Pokdakan. 


"Hal terpenting yang harus disadari masyarakat penerima bantuan program, bahwa bantuan yang diberikan itu manfaatnya untuk masyarakat. Bukan untuk pemerintah. Jangan sampai karena ketidakseriusan mengelola bioflok ini, kita yang akan rugi. Ambillah sisi positif demi meraih keuntungan bersama," pintanya.


Walikota juga mengucapkan terimakasih kepada Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, yang telah membawa program yang sangat bermanfaat ini ke Kota Solok. Semoga Pokdakan Gawan Saiyo dan Pokdakan lain yang mendapat program kali ini, dapat memanfaatkan dengan baik bantuan ini.


Sementara itu, Anggota DPR RI, Hermanto dari Fraksi PKS  menyebutkan, saat ini banyak penerima program tidak menyadari bahwa bantuan itu untuk masyarakat, bukan untuk pemerintah. Bantuan ini untuk membuka lapangan kerja, menjadi peluang bisnis, serta meningkatkan daya serap anggaran.


Pada program ini, Pokdakan telah mendapat dua keuntungan sekaligus, yakni menerima bantuan biflok serta mendapat ilmu dan informasi tentang pengelolaan bioflok itu. 


Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam, Ihsan Kamil mengatakan, bantuan ini salah satu upaya pemerintah meningkatkan ketahanan pangan. Ikan lele diharapkan akan menjadi sumber protein bagi masyarakat.


"Insya Allah, dalam waktu 3 bulan, kita sudah bisa menghasilkan ikan lele untuk dikonsumsi. Semoga ke depan program ini bisa bergulir," tutupnya.(DD)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update