Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tanah Datar Baralek Gadang, Kapolda Serahkan Tujuh Benda Pusaka

Sabtu, 02 Juli 2022 | 13:36 WIB Last Updated 2022-07-04T01:14:47Z

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Tanah Datar baralek gadang, yang diawali dengan arak-arakan menggunakan kereta kuda dari Istano Silinduang Bulan dan dimeriahkan dengan kehadiran iringan 300 Harley Davidson Club Indonesia (HDCI).


Arakan jamba nan disambut dengan silek galombang serta diakhiri dengan makan bajamba. Prosesi penyerahan benda pusaka Raja-raja Minangkabau dan alek gala kehormatan Tuanku Bandaro Alam Sati, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dan Puti Sibadayu untuk Ny. Merthy Teddy Minahasa, Jumat (1/7/2022) di Istano Basa Pagaruyung berjalan hikmat dan lancar.


Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Ketua dan pengurus LKAAM Sumbar dan LKAAM Tanah Datar, yang telah menggagas bersama dan mempersiapkan acara ini dengan baik. Selain itu, ucapan selamat juga disampaikan kepada kapolda beserta isteri yang telah dianugerahi gelar kehormatan adat oleh Pasukuan Piliang Nagari Pariangan pada 16 Juni 2022 di Rumah Gadang Dt. Bandaro Kayo.


Tentunya keputusan LKAAM ini telah melewati pertimbangan yang sangat matang, dengan melihat sepak terjang dan kepedulian kapolda terhadap Ranah Minangkabau, dengan penganugerahan gelar ini menandakan kapolda saat ini telah menjadi dunsanak, sekaligus sebagai niniak mamak masyarakat Minangkabau.


“Semoga hal ini dapat mempererat silaturahmi dan ikatan antara bapak kapolda dengan kita semua masyarakat ranah Minang, terkhusus kabupaten Tanah Datar. Selaku ninik mamak di Ranah Minang dan di Tanah Datar khususnya, kami mohon terus pengayoman dan bimbingan dari bapak kapolda, terutama dalam pencegahan terhadap pelanggaran hukum. Di samping itu, ini juga merupakan tantangan bagi kami selaku anak kemenakan dan masyarakat Minangkabau, untuk terus menjaga sikap dan perilaku agar tidak bertentangan dengan hukum,” kata bupati.


Selanjutnya, atas nama Pemkab Tanah Datar, Bupati Eka juga mengucapkan terimakasih yang sangat tinggi kepada kapolda yang telah mempercayakan 7 (tujuh) benda pusaka yang memiliki nilai budaya dan sejarah sangat tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 


“Kepercayaan ini tentu sebagai kehormatan bagi kami, bagi kabupaten Tanah Datar dan seluruh masyarakatnya. Semoga benda-benda bersejarah ini semakin menambah kekayaan, budaya dan sejarah di Kabupaten Tanah Datar. Apalagi, kabupaten Tanah Datar yang terkenal sebagai Luhak Nan Tuo sudah terkenal juga sebagai pusat budaya asal usul Minangkabau, sehingga benda-benda pusaka ini semakin menambah daya tarik dan pesona bagi Tanah Datar sebagai pusat kebudayaan masyarakat Minangkabau,” tambah Eka Putra.


Lebih lanjut disampaikan Eka Putra, tujuh jenis benda pusaka yang diberikan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, diantaranya ada  mahkota, tiga keris dan dua buah tombak. 


“Kita berharap apa yang telah diberikan oleh beliau itu berkah dan dibalasi amal ibadahnya oleh Allah SWT. Kami pemerintah kabupaten akan menjaga benda pusaka itu dengan sebaik-baiknya, sehingga nilai budaya benda pusaka yang ada di Istano Basa Pagaruyung ini bertambah,” harap bupati.


Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah mengajak, agar momentum Alek Gala Kehormatan Adat  Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH, SIK, MH Tuanku Bandaro Alam Sati beserta isterinya, Ny. Merthy Teddy Minahasa Puti Sibadayu ini bisa dimaknai. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update