Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sumbar akan Jadi Tuan Rumah World Islamic Economic Forum 2023

Rabu, 06 Juli 2022 | 09:07 WIB Last Updated 2022-07-06T02:07:48Z

 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno tandatangani prasasti.


Padang, Rakyatterkini.com  -  Maret 2022 lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno telah menetapkan Sumatera Barat sebagai tuan rumah World Islamic Economic Forum (WIEF) 2023. 


Itu disampaikan Sandiaga disela-sela kunjungannya ke Green Talao Park, Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka penilaian 50 Desa Wisata terbaik, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.


Dikatakan Sandi, komunikasi ke berbagai pihak terkait untuk penyelenggaraan WIEF sudah dilakukan, termasuk diantaranya Pemprov Sumbar selaku calon tuan rumah. Perhelatan forum tersebut nantinya juga akan melibatkan Bupati-bupati dan Walikota di Sumatera Barat.


Selain itu, ia menyampaikan gelaran WIEF nantinya akan sekaligus disandingkan bersama pertemuan ulama besar sedunia dengan mengambil tema ekonomi Islam dan potensi pariwisata halal atau muslim friendly tourism.


"Ini panitia lokal sedang menyiapkan, kita sudah komunikasikan juga dengan Buya Mahyeldi. Sekarang kami sedang koordinasi di tingkat kementrian dan lembaga untuk menentukan waktu tempat dan rangkaian acara," katanya menerangkan.


Sementara keterlibatan bupati dan walikota, kata Menparekraf itu adalah selaku tuan rumah, yang akan menjamu penyelenggaraan iven tersebut di nagari dan desa-desa wisata di Sumatera Barat.


Lebih lanjut dia menjelaskan terkait potensi pariwisata halal dan Desa Wisata yang betul-betul dapat menyentuh kebutuhan masyarakat untuk menjawab tantangan dan tuntutan situasi yang dihadapi dewasa ini. Dimana desa atau nagari telah membuktikan diri mampu melewati turbulensi ekonomi.


Di samping dalam rangka penyelenggaraan WIEF dan pertemuan ulama sedunia, dipilihnya Sumbar sebagai tuan rumah juga merupakan kolaborasi bersama pemerintah dalam mendukung geliat pariwisata Sumatera Barat dengan melibatkan Kementrian Desa, Parekraf, Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan kota hingga ke tingkat nagari. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update