Notification

×

Iklan

Bahas Peluang Tenaga Kerja, Gubernur Bertemu Perantau Australia Asal Minangkabau

Kamis, 21 Juli 2022 | 16:43 WIB Last Updated 2022-07-21T09:43:30Z

Gubernur Mahyeldi bertemu perantau Australia asal Sumatera Barat.

Padang, Rakyatterkini.com  -  Bertemu langsung dengan perantau Australia asal Minangkabau, Muhammad Abduh, Kamis (21/7/2022), Gubernur Sumbar Mahyeldi melihat peluang penyerapan tenaga kerja khususnya Sumatera Barat yang sangat besar di Australia.


Menurut Gubernur, sedikitnya ada 600 jenis lapangan pekerjaan di negeri kangguru tersebut yang bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak, dengan catatan skil atau kapabilitas sumber daya manusia memenuhi standar kualifikasi yang dibutuhkan.


Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Sumbar bersama stakeholder terkait akan melakukan langkah-langkah konkrit dalam mengisi peluang tersebut, seperti memberikan pelatihan dan kursus kepada para tenaga kerja Sumbar sesuai dengan persyaratan yang diberikan.


Gubernur juga berharap ke depannya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa mengembangkan usaha mereka ke Australia khususnya masakan tradisional Rendang.


Sementara itu Muhammad Abduh perantau asli Minangkabau yang berprofesi sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi di Melbourne Australia yang juga tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Saiyo Melbourne (IKMSM) menuturkan untuk menyerap lebih banyak tenaga kerja, salah satunya dengan memperbanyak populasi orang Indonesia khususnya orang Minangkabau untuk tinggal di Australia.


"Bahwasanya untuk mewujudkan, membuat Minang lebih besar di luar negeri khususnya Melbourne Australia, kita butuh orang lebih banyak untuk tinggal di sana, karena semakin banyak orang Minang tinggal di sana, maka Minang akan semakin besar dan interaksi perantau dengan masyarakat di sana akan semakin baik" tutur Abduh.


Selain itu, terkait penyerapan tenaga kerja asal Minangkabau, Abduh berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumbar bersama stakeholder terkait mempersiapkan para tenaga kerja asal Minangkabau dengan skill-skill yang tidak hanya bisa dipakai di Minangkabau, tapi juga bisa ke luar negeri khususnya Australia. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update