Notification

×

Iklan

29 Tahun Lubuk Basung Jadi Ibu Kota Agam, Simak Perkembangannya

Selasa, 19 Juli 2022 | 09:48 WIB Last Updated 2022-07-22T02:52:03Z

Ninik Mamak hadiri hari bersejarah Lubuk Basung menjadi ibu kota Kabupaten Agam.


Lubuk Basung, Rakyatterkini.com – 19 Juli 1993 adalah momen bersejarah bagi masyarakat Lubuk Basung. Sebab, pada saat itu, Lubuk Basung resmi menjadi ibu kota Agam.


Ketika itu, secara de facto ibu kota Kabupaten Agam dipindahkan dari Bukittinggi ke Lubuk Basung.


Proses perpindahan ibu kota ini tidak semudah dibayangkan. Namun, akhirnya Lubuk Basung ditetapkan sebagai ibu kota Kabupaten Agam.


Hari ini, Selasa (19/7/2022), 29 tahun sudah usia Lubuk Basung sebagai ibu kota Kabupaten Agam. Pemkab Agam menggelar upacara sebagai peringatan peristiwa bersejarah tersebut.


“Hari ini kita bersama-sama merayakan dan peringati 29 tahun Lubuk Basung sebagai ibu kota Agam, sekaligus bentuk penghormatan terhadap sejarah ini,” ujar Bupati Agam, Andri Warman.


Upacara ini katanya, jadi sebuah momen evaluasi atas semua daya dan upaya, yang telah dilakukan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan Lubuk Basung, sebagai ibu kota Kabupaten Agam untuk mengangkat marwah daerah secara keseluruhan.


“Sudah 29 tahun kita membangun Lubuk Basung sebagai ibu kota Kabupaten Agam, selama itu pula telah terbukti dalam melaksanakan pembangunan perlu mempertimbangkan skala prioritas, estetika, tata ruang dan manfaat jangka panjang bagi masyarakat luas,” sebutnya.


Keberlanjutan pembangunan sangat bergantung pada integritas program, dengan kondisi eksisting yang ada saat ini.


Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah dengan masyarakat saling berikan dukungan yang konstruktif, demi kemajuan Lubuk Basung ke depan.


Dengan semangat dan kebersamaan membangun daerah, diyakininya ke depan Lubuk Basung menjadi kota yang lebih maju, bermartabat dan bisa dibanggakan. 


Di momen ini, Pemkab Agam beri penghargaan pada keluarga tokoh masyarakat, yang berjasa atas perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung. (gp/vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update