Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Menyongsong MTQ Tingkat Kabupaten Dharmasraya, Berlian Dikukuhkan jadi Camat Padang Laweh

Jumat, 24 Juni 2022 | 14:04 WIB Last Updated 2022-06-24T07:22:47Z

Sekdakab Dharmasraya, H. Adlisman mengukuhkan Camat Padang Laweh, Berlian.
 

Dharmasraya, Rakyatterkini.com – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab), H. Adlisman mengukuhkan  Berlian, sebagai Camat Padang Laweh. 


Pengukuhan dilaksanakan di kantor camat setempat, yang turut dihadiri kepala OPD, camat se-Dharmasraya, walinagari, kepala jorong, Koramil Koto Baru, Polsek Koto Baru, beserta tokoh-tokoh masyarakat lainnya, Kamis (23/6/2022).


Sebelumnya, pada 7 Juni 2022 lalu, telah dilakanakan pelantikan pejabat administrator di lingkup Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya. Untuk Camat Padang Laweh, telah diamanatkan kepada Berlian yang pada hari ini dilakukan acara pengukuhan dan serah terima memori jabatannya.


Sekdakab membacakan amanat bupati, menyampaikan bahwa kecamatan merupakan salah satu perangkat daerah yang dipimpin oleh camat dan mempunyai wilayah kerja dengan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan. Adapun tugas camat antara lain melaksanakan kewenangan pemerintah yang ditetapkan oleh bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.


Camat yang berkedudukan sebagai koordinator penyelenggaraan pemerintahan, hendaknya dapat mencermati dan memperlajari setiap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Terutama dalam hal pemberian pelayanan dasar pada masyarakat.


“Kondisi demikian perlu menjadi perhatian oleh camat, sesuai dengan fungsinya. Camat dapat melakukan peninjauan langsung terhadap unit-unit kerja yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Baik itu kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan suasana pelayanan di puskesmas. Dan mendata sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat,” kata Sekdakab Adlisman.


Selain itu, pelayanan yang diberikan oleh unit-unit kerja yang kurang memuaskan bagi masyarakat kiranya dapat dilakukan evaluasi oleh camat. Dan dicarikan langkah untuk perbaikan pelayanan tersebut. Dalam bidang kemasyarakatan, hendaknya camat mampu membina anak-anak nagari dan lembaga nagari serta organisasi kemasyarakatan yang ada. 


“Oleh karena itu, semenjak dini saudara harus memperhatikan kehidupan generasi muda untuk tidak terlibat dalam kehidupan bebas dan narkoba. Karena kondisi ini telah menjadi ancaman kehidupan generasi muda kita. Dan saya harap saudara mampu meningkatkan peranan pemerintahan nagari, sehingga pemerintahan nagari sebagai pemerintahan terdepan akan lebih dapat melaksanakan tugas-tugasnya yang semakin hari dirasakan semakin berat,” harap Sekdakab Adlisman putra Sitiung itu.


Sekda juga mengucapkan kepada camat yang lama, Hendri yang menjadi Camat Padang Laweh atas pengabdian dan dedikasinya selama ini. Semoga menjadi amal saleh, dan kepada pejabat yang baru, diucapkan selamat bertugas. 


"Mudah-mudahan dapat melaksanakan tugas yang telah diberikan, yakni sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Dharmasraya yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang," tutur Adlisman. 


Sementara itu, Camat Padang Laweh yang baru, Berlian mengucapkan, terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat. Dia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat dan Forkopimca Kecamatan Padang Laweh, agar dapat membantunya dalam melaksanakan seluruh tugas dan kewajibannya sebagai Camat Padang Laweh. 


"Terlebih lagi kegiatan yang sebentar lagi akan dilaksanakan di Padang Laweh, yakni MTQ tingkat Kabupaten Dharmasraya. Saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat, dapat membantu saya dalam melaksanakan kewajiban, fungsi dan tugas saya sebagai Camat Padang Laweh. Dan semoga kita bisa sukses melaksanakan kegiatan iven MTQ Tingkat Kabupaten Dharmasraya,” pungkas Berlian. (Rona)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update