Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Luncurkan Program SIM Nagari, Polres Pasaman Berikan Pendekatan Pelayanan

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:31 WIB Last Updated 2022-06-18T05:31:25Z

Polres Pasaman luncurkan program SIM Nagari.
 

Pasaman, Rakyatterkini.com - Satuan Lalulintas Polres Pasaman, luncurkan program SIM Nagari. Ini guna menyajikan pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Program menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di jajaran Polres Pasaman ini, mulai efektif berlaku sejak 20 Mei 2022 lalu. 


"Sesuai petunjuk bapak kapolres, kita ingin mengantarkan pelayanan langsung kepada masyarakat, dengan membuka layanan pengurusan SIM di polsek-polsek," ujar Kasat Lantas, Iptu. Yuliarman, SH. 


Dalam acara 'Ngopi' bareng di Kantor Satlantas Polres Pasamam, Sabtu (18/6/2022) pagi, Kasat Lantas Yuliarman menjelaskan, untuk tahap awal ini, disajikan layanan SIM Nagari di empat polsek, masing-masing Polsek Rao, Polsek Tigo Nagari, Polsek Bonjol dan Polsek Panti.


"Alhamdulillah, jumlah masyarakat yang memanfaatkan layanan SIM Nagari terus meningkat. Sekarang, sudah berjumlah ratusan orang," ungkap Iptu Yuliarman.


Dikatakan, layanan yang diberikan baru sebatas proses administrasi, pemeriksaan kesehatan dan pengujian.  Khusus cetak SIM dan foto, masih dilayani di Kantor Satlantas, Jalan Sudirman Lubuk Sikaping. 


"Kita memberikan prioritas bagi masyarakat yang telah mengurus SIM di polsek. Jika tidak ada kendala, cukup 10 menit saja, SIM sudah bisa dibawa pulang," sebutnya lagi. 


Ditambahkan, setelah pengurusan SIM Nagari di polsek, masyarakat tidak harus tergesa-gesa untuk proses foto dan cetak kartu di Lubuk Sikaping. Karena, Satlantas memberikan masa tenggang selama 14 hari ke depan. Dan, selama 14 hari itu sudah dianggap memiliki SIM, khusus di wilayah hukum Polres Pasaman. 


"Ada tenggat waktu 14 hari pasca pengurusan SiM di Polsek, dan selama masa itu, sudah dianggap memiliki SIM," terang Kasat Lantas.


Disebutkan, untuk pelayaan SIM Nagari, disediakan tiga orang personel di masing-masing polsek, dan saat pengurusan SIM, pihak Satlantas memberikan sosialisasi tentang tatatertib berlalu lintas. 


Sementara itu, Kanit Turjawali Ipda Zulkadri, SH, didampingi Aipda Irwinsyah, SH, bahwa sejak SIM Nagari berjalan, dan gencarnya sosialisasi ke masyarakat, angka kecelakaan menurun drastis, terutama sejak pasca lebaran kemaren. 


"Ya benar, sekarang pekarangan Satlantas sudah lapang, tidak ada lagi penumpukan ranmor barang bukti laka lantas dan pelanggaran yang terparkir di halaman kantor," timpal Kasat Lantas yang murah senyum itu.


Hasil pandangan mata di Satuan Lalulintas Polres Pasaman, memang terlihat suasana yang sedikit berbeda, lebih lega dan nyaman dari sebelumnya. Apalagi, sejak dua pekan terakkhir. Kantor Satuan yang dikomandoi Iptu Yuliarman itu terlihat lebih kinclong, habis dipoles warna dan cat baru. (ST.M)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update