Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

DPRD Solsel Setujui Ranperda Pelaksanaan APBD 2021 jadi Perda, Meski Ada Catatan

Senin, 20 Juni 2022 | 16:46 WIB Last Updated 2022-06-20T09:47:55Z

Pimpinan DPRD Solok Selatan tandatangani persetujuan Ranperda pelaksanaan APBD 2021 jadi Perda.
 

Solok Selatan, Rakyatterkini.com - Akhirnya, seluruh fraksi DPRD Solok Selatan, menyetujui dan menyepakati Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 menjadi peraturan daerah (Perda). 


Persetujuan bersama ini dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Solok Selatan di Ruang Sidang Kantor DPRD Golden Arm, Senin (20/6/2022). Meski menyetujui, namun paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Solok Selatan, Armen Syahjohan, S.IP., dimana semua fraksi memberi catatan untuk dilaksanakan oleh Bupati Solok Selatan, Khairunas.


Bupati yang diwakili Wakil Bupati, H. Yulian Efi, menyampaikan dan mengapresiasi kepada jajaran DPRD Solok Selatan, atas tahapan pembahasan Ranperda yang telah dilakukan. Khususnya, terkait laporan Badan Anggaran Bersama TAPD. Pemerintah daerah ke depan akan melakukan pembenahan dan perbaikan-perbaikan, sehingga permasalahan yang ditemui saat ini dapat diatasi.


Wakil Ketua DPRD, Armen Syahjohan, mengemukakan,  pembahasan Ranperda telah melalui beberapa tahapan dan mekanisme pembahasan. Itu melibatkan Badan Anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), sehingga diterbitkan keputusan DPRD tentang persetujuan terhadap Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2021, untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.


Dari laporan Badan Anggaran bersama TAPD, terkait hasil pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2021, yang disampaikan oleh Dede Pasarela, dari segi realisasi pendapatan daerah yang mencapai 101.84 %. Ke depan, Pemkab perlu mengupayakan peningkatan PAD dengan melalukan inovasi dan kreativitas dengan mencari sumber penerimaan baru.


Terkait belanja daerah, perencanaan anggaran perlu ditingkatkan guna mewujudkan penggunaan anggaran yang efektif, efiisien dan tepat sasaran serta memberikan rasa keadilan kepada masyarakat. Dalam proses belanja daerah, melakukan percepatan proses pengadaan barang dan jasa.


Sejak APBD disepakati bersama oleh DPRD dan pemerintah daerah, termasuk juga perencanaan dan perhitungan dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) pertanggungjawaban APBD Tahun 2021 yang mencapai Rp109 miliar lebih. 


Sebelum paripurna tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021, dilaksanakan juga rapat paripurna Penetapan Rekomendasi DPRD Terhadap LKPj Kepala Daerah Kabupaten Solok Selatan Tahun 2021, yang telah disetujui bersama dalam bentuk keputusan DPRD. (Alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update