Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Asahan Lepas 161 JCH, Ini Penekanannya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 11:51 WIB Last Updated 2022-06-18T04:51:00Z

Bupati H. Surya melepas JCH Kabupaten Asahan.
 

Asahan, Rakyatterkini.com - Bupati Asahan, H. Surya, B.Sc., didampingi Wakil Bupati, Taufik Zainal Abidin, Sekdakab, Drs. John Hardi Nasution dan Kakan Kemenag, H. Saripuddin Daulay.,  melepas keberangkatan 161 jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Asahan menuju Tanah Suci, Mekkah.


Turut Hadir dalam Acara itu Forkopimda, Ketua TP-PKK, Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya, Wakil Ketua TP-PKK,  Ny. Yusnila Indriati Taufik, Ketua Dharma Wanita Persatuan,  Ny. Hj. Derlina John Hardi beserta pengurus, Ketua MUI, OPD, camat se-Kabupaten Asahan dan undangan lainnya.


"Alhamdulillah, hari ini saya bersyukur ada 161 orang jemaah calon haji dari Kabupaten Asahan, yang bisa diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Semoga perjalanan jemaah calon haji kita diberikan keselamatan, mulai dari mereka berangkat sampai kembali," ucap Bupati Surya saat melepas keberangkatan jemaah calon haji, di Gedung Tahfiz  Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Sabtu (18/6/2022) dini hari.


Bupati menambahkan, selama dua tahun dilanda pandemi Covid-19, jemaah calon haji tidak bisa berangkat ke tanah suci. 


"Jadi, sudah dua tahun jemaah calon haji kita tidak bisa berangkat, lantaran pandemi. Bersyukur tahun ini, masyarakat kita sudah bisa melaksanakan rukun Islam yang kelima. Mudah-mudahan kesempatan yang diberikan ini bisa digunakan sebaik mungkin," tutur bupati lagi.


Ada beberapa pesan dan harapan kepada jemaah calon haji yang ditekankan bupati. Pertama, luruskan niat dalam melaksanakan ibadah haji, niatkan ibadah haji ini hanya untuk Allah SWT semata. Kedua, tingkatkan kualitas nilai ibadah ketika berada di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Wukuf di Arafah, melempar jumrah di Mina, pahami makna dan hakekatnya.


"Pelihara dan jaga kesehatan fisik, karena 90 persen ibadah haji itu mengandalkan fisik. Banyak-banyak membawa bekal sabar, karena banyak ujian, kurangi lisan berbicara yang bukan-bukan. Insya Allah, ibadah akan khusyuk, dan meraih predikat haji yang mabrur," jelasnya.


Kemudian, sebagai tamu Allah harus memelihara sikap dan perilaku serta dapat menjadi teladan bagi saudara yang lain, terutama dari daerah maupun negara lain.


"Kepada jemaah calon haji agar mendoakan Kabupaten Asahan semoga diberi kemudahan oleh Allah SWT, dalam menjawab tantangan sehingga mampu membawa kabupaten ini lebih baik lagi, demi mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter," pinta Surya.


sebelumnya, Kakan Kemenag Kabupaten Asahan, H. Saripuddin Daulay, dalam laporannya menyampaikan, jumlah jemaah calon haji yang berangkat tahun ini sebanyak 161 orang, yang terdiri dari 63 orang laki-laki dan 98 orang perempuan, dan berada pada gelombang ke-2 Kloter 8 bergabung dengan Kota Sibolga dan Kota Medan, berangkat dari tanah air pada 19 Juni 2022 Pukul 00.55 Wib. (EKA)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update