Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sendang Umbul Senjoyo, Diyakini sebagai Tempat Bertapa Jaka Tingkir di Salatiga

Minggu, 29 Mei 2022 | 19:36 WIB Last Updated 2022-05-30T00:39:58Z

Suasana di Objek Wisata Sendang Umbul Senjoyo, Salatiga.
 

Salatiga, Rakyatterkini.com - Kota Salatiga, Jawa Tengah, memiliki sejumlah objek wisata alam yang indah. Salah satunya objek wisata Sendang Umbul Senjoyo yang juga menyimpan kisah legenda dari Jaka Tingkir. 


Objek wisata ini terletak di Dusun Kadipurwo, Desa Gendongan, Kecamatan Tingkir, Salatiga. Sendang Umbul Senjoyo airnya sangat jernih dan dingin. Sehingga, banyak warga mulai dari anak-anak hingga orangtua yang senang mandi atau berenang di tempat tersebut.


Bahkan, pengunjung Umbul Senjoyo tak hanya berasal dari warga setempat saja. Banyak warga dari luar Salatiga, seperti Boyolali, Semarang bahkan Wonogiri banyak yang datang ke Sendang Umbul Senjoyo.


Keramaian di Sendang Senjoyo tak hanya terlihat pada pagi hingga sore hari. Pada hari tertentu seperti malam Selasa Kliwon atau Jumat kliwon, sumber air tersebut juga ramai pengunjung.


Umbul Senjoyo juga dikenal menyimpan misteri tentang relief batu kuno yang dianggap membawa berkah. Konon pada zaman dulu ada seorang raja yang mandi di Umbul Senjoyo untuk membersihkan diri. 


Kawasan Umbul Senjoyo ini oleh sebagian orang sangat dikeramatkan, objek wisata ini juga sering dipakai untuk ritual berendam (kungkum) di air pada malam pasaran tertentu. 


Sebagian besar pengunjung yang datang pada malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon itu memiliki tujuan tersendiri.Tujuan mereka berendam (kungkum) di Sendang Umbul Senjoyo adalah untuk tirakat atau mencari berkah. 


Juru kunci ke-4 petilasan Jaka Tingkir, Jarwanto alias Mbah Jar (57) menuturkan, nama sendang Umbul Senjoyo adalah nama raja pada zaman kerajaan Mataram Hindu, yaitu Raja Sanjaya. 


"Beliu waktu itu sampai di sini (Umbul Senjoyo) setelah melakukan perjalanan panjang untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk dunia," kata Mbah Jar di lokasi, Minggu (29/5/2022) 


Setelah menemukan mata air yang jernih dan tenang, lanjut Mbah Jar, Raja Sanjaya kemudian memerintahkan pengikutnya membangun tempat ibadah berupa candi. 


"Sisa reruntuhan candi masih ada dan sekarang sudah dibenahi dan diberi pagar," terang dia. 


Masyarakat setempat meyakini kalau Sendang Umbul Senjoyo ini adalah tempat yang sakral dan sering digunakan untuk olah spiritual. Termasuk oleh Joko Tingkir yang sering bertapa "laku" di sini sebelum menjadi Raja Pajang dengan nama Sultan Hadiwijaya. 


"Banyak orang yang melakukan ritual berendam pada malam hari di Sendang Senjoyo agar keinginannya bisa tercapai dan orang yang sedang sakit agar bisa segera sembuh," ujarnya 


Orang yang berendam air (kungkum) lanjut Mbah Jar, "Pada malam Selasa Kliwon atau Jumat kliwon, mereka tirakat dan berendam di Sendang Umbul Senjoyo untuk berdoa agar hajatnya (keinginan) terkabul," pungkasnya. 


Hingga saat ini, Sendang Umbul Senjoyo masih diyakini oleh sebagian orang memiliki tuah. Tak sedikit orang yang melakukan ritual di sumber air ini dan kabarnya apa yang menjadi keinginannya bisa terkabul. (Sar



IKLAN



×
Berita Terbaru Update