Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pengurus Koperasi se-Pdg.Pariaman Dibekali Pelatihan Penguatan Kelembagaan

Senin, 30 Mei 2022 | 15:38 WIB Last Updated 2022-05-30T09:06:24Z

Bupati Suhatri Bur pada pelatihan bagi pengurus koperasi se-Kabupaten Pdg.Pariaman.
 

Padang, Rakyatterkini.com - Guna memperkuat koperasi sebagai lembaga ekonomi kerakyatan dan membangun kepercayaan umat, Pemkab Padang Pariaman, selenggarakan pelatihan penguatan kelembagaan koperasi bagi pengurus koperasi se-Kabupaten Padang Pariaman. 


Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur,  di Rocky Hotel Padang, Minggu (29/5/2022).


Dalam sambutannya Bupati Suhatri Bur mengemukakan dan menyambut baik atas dilangsungkannya kegiatan itu. Dia menyebutkan, kegiatan pelatihan tersebut, merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pengetahuan kelembagaan koperasi, terutama bagi pengurus koperasi di daerah itu.


"Ini merupakan suatu bentuk upaya pemerintahan kabupaten lewat Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM dalam meningkatkan pengetahuan kelembagaan koperasi bagi pengurus koperasi di Kabupaten Padang Pariaman," tuturnya yang saat itu didampingi Kepala Disdagnakerkop UKM Jon Kennedi.


Ditegaskan bupati, koperasi yang memiliki basis kelembagaan yang kuat dan mampu menjalankan prinsip-prinsip koperasi dengan baik, akan mendatangkan kepercayaan dari anggota dan masyarakat sebagai lembaga ekonomi kerakyatan.


"Koperasi memiliki peran penting dalam perekonomian di negeri ini," katanya lagi.


Ia menambahkan, koperàsi sudah menjadi lembaga yang telah teruji dan mampu menyerap tenaga kerja. Makanya dia menegaskan, pengurus koperasi harus memahami prinsip-prinsip koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan. Pengelolaan koperasi harus bersifat terbuka dan dilakukan secara demokratis.

 

"Koperasi harus dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip pembentukan koperasi agar koperasi bisa berkembang dengan baik sehingga koperasi menjadi lembaga ekonomi yang sehat, handal dan terpercaya dapat terwujud," tegasnya.


Pelatihan yang diprakarsai Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Kabupaten Padang Pariaman ini dilaksanakan selama tiga hari yakni 29 sampai 31 Mei 2022. Diikuti 32 orang peserta utusan dari pengurus koperasi.


Bertindak selaku Narasumber Edwar, Kasi Pemberdayaan dan Perizinan Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Barat dan Budiman tenaga Widyaiswara dari UPT Balai Latihan Koperasi Provinsi Sumatera Barat. 


Ikut mendampingi dalam acara Sekretaris Disdagnakerkop UKM, Mahdalena Umar dan Kepala Bidang Koperasi Ermizal. Turut hadir tokoh senior, sekaligus motivator pergerakan Koperasi di Padang Pariaman Endarmy. (Suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update