Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemkab Solsel Dorong Pemberdayaan Koperasi dan UMKM

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:02 WIB Last Updated 2022-05-24T11:02:51Z

Bupati Solsel, Khairunas bersama OPD terkait.

Solsel, Rakyatterkini.com - Meningkatkan sumber daya koperasi dan UMKM, Pemkab Solok Selatan melalui Dinas Perindagkop dan UKM adakan pelatihan, Selasa (24/5/2022). 


Bupati Khairunas, pertumbuhan ekonomi kerakyatan merupakan salah satu fokus dalam visi dan misi, yaitu, peningkatan ekonomi kerakyatan dan daya saing daerah. 


Untuk mencapai hal tersebut, peningkatan produksi dan produktivitas, serta pengembangan UMKM akan terus diupayakan, tutur bupati. 


Bupati Khairunas juga menginginkan pelatihan untuk koperasi dan UMKM ini harus memiliki azas berkelanjutan. Artinya memberikan dampak kehidupan jangka panjang bagi pelaku UMKM, fokusnya untuk peningkatan kapasitas UMKM, baik secara manajemen, maupun secara produksi. 


Saat ini terdapat 90 pelaku UMKM yang sudah terdaftar pada Mbizmarket dan transaksinya sudah melebihi Rp5 Miliar. Transaksi UMKM Solok Selatan tidak hanya berasal dari OPD Solok Selatan, juga mendapatkan transaksi dari instansi pemerintahan lain, ini adalah salah satu peluang besar bagi UMKM untuk berkembang.


Kepala Dinas Perindagkop UKM, Akmal Hamdi, menjelaskan, pelatihan ini difokuskan untuk meningkatkan kapasitas koperasi dan usaha mikro dan kecil, sehingga tercapai target pemerintah pusat dan daerah.


Peserta pelatihan DAK non fisik ini berasal dari pengurus/pengawas/pengelola koperasi, pelaku usaha mikro dan kecil, dan calon wirausaha dengan jumlah peserta sebanyak 180 orang.


Pelatihan ini sebanyak 6 kali, dengan rincian 2 kali pelatihan perkoperasian, 2 kali pelatihan pemasaran digital, dan 2 kali pelatihan vocational pengolahan makanan. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update