Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemdes Muara Bahan Singingi Hilir Realisasikan Program APBDes 2022

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:07 WIB Last Updated 2022-05-24T01:07:43Z

Sekretaris Desa Muara Bahan, Suriyono.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Kades Muara Bahan, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau, Ma'sum melalui Sekdes Suriyono menjelaskan prioritas penggunaan Dana Desa (DD) yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022. 


Dikatakan Suriyono, beberapa fokus anggaran Dana Desa Muara Bahan tahun ini sesuai kewenangan desa, yaitu meliputi pemulihan dan peningkatan ekonomi, penguatan ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat serta pencegahan stunting. 


Untuk program pemulihan ekonomi yaitu pemanfaatan DD untuk bantuan langsung tunai (BLT) sudah direalisasikan. Sebanyak 98 keluarga penerima manfaat telah menerima kucuran BLT tahap I. Dan untuk BLT tahap II dituturkan, dalam pekan ini rencana kembali disalurkan oleh pemerintah desa.


"Kalau untuk peningkatan ekonomi, tahun ini ada program bantuan bergulir bibit sapi. Ada 10 ekor bibit sapi yang akan kita salurkan kepada kelompok tani. Insya Allah dalam waktu dekat direalisasikan, karena saat ini dalam proses pengadaan," ujar Sekdes Suriyono, Senin (23/5/2022).


Tidak hanya itu, disebutkan Sekdes, untuk program peningkatan ekonomi masyarakat, tahun ini pemerintah desa (Pemdes) Muara Bahan rencananya akan melaksanakan kegiatan pengembangan pasar desa dengan membangun sejumlah kios dan saluran limbah drainase pasar. 


Pasar desa yang merupakan aset penting untuk peningkatan ekonomi masyarakat ini pengelolaannya nanti pemerintah desa memberikan kewenangan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes menjadi solusi desa dalam pengembangan perekonomian melalui berbagai unit usahanya. 


"Tahun lalu kita sudah membangun los pasar yang bisa menampung sekitar 50 pedagang. Dan tahun ini kembali dilakukan pengembangan dengan membangun sejumlah kios dan drainase saluran limbah. Nanti kalau pembangunannya sudah selesai, pasar ini langsung kita fungsikan," katanya. 


Ditambahkan Sekdes, selain program kerja yang telah disebutkan tersebut, pada bidang kesehatan yakni pencegahan stunting dengan pemberian vitamin dan gizi kepada anak dan ibu hamil menyusui sudah direalisasikan. 


Begitupun insentif untuk kader posyandu dan insentif guru PAUD, triwulan pertama ini juga sudah dikucurkan.


"Harapan kami dari pemerintah desa, mudah-mudahan hasil pembangunan ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya di desa Muara Bahan ini," pungkasnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update