Notification

×

Iklan

Tandikek Selatan Terpilih sebagai Pilot Project Program GKSTTB

Kamis, 24 Februari 2022 | 10:13 WIB Last Updated 2022-02-24T03:13:26Z

Tim verifikasi Sumbar kunjungi Nagari Tandikek Selatan.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Nagari Tandikek Selatan Kecamatan Patamuan, Padang Pariaman, terpilih sebagai nagari percontohan pada program gerakan keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana (GKSTTB) keluarga sehat pasangan usia subur bidang kesehatan keluarga dan lingkungan. 


Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu dari 4 daerah yang dipilih oleh Tim Pokja 4 Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Barat, yakni 2 Kabupaten dan 2 Kota se Provinsi Sumatera Barat. 


Pemilihan itu dilakukan berdasarkan Identifikasi situasi, kondisi dan potensi serta permasalahan yang dihadapi di daerah setempat. Terpilihnya Nagari Tandikek Selatan ini, karena juga merupakan Nagari Lokus Stunting di Kabupaten Padang Pariaman.


Berkaitan dengan itu, pada Rabu (23/2), tim verifikasi yang terdiri dari Pokja 4 TP. PKK Provinsi dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, melakukan kunjungan pembinaan dan verifikasi data di Nagari Tandikek Selatan. 


Kegiatan Pembinaan Program GKSTTB ini, bertujuan untuk meningkatkan dan melakukan perubahan serta program-program inovasi untuk menangani masalah kesehatan yang ada di Nagari Tandikek Selatan. 


Ketua TP. PKK kabupaten Padang Pariaman, Ny. Yusrita Suhatri Bur nenyempatkan untuk hadir menyambut kedatangan rombongan dari Provinsi, didampingi oleh Ketua Pokja 4 Kabupaten Net Jimmy dan Tim dari Kecamatan Patamuan, Kepala Puskesmas, Wali Nagari Tandikek Selatan, Ketua TP. PKK Kecamatan, Nagari beserta Kader PKK dan tokoh masyarakat setempat.


Dalam arahannya, Ketua TP. PKK Ny. Yusrita Suhatri Bur menyampaikan. Agar semua kader bergerak aktif dan giat dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, yang dimulai dari kegiatan Dasa Wisma yang merupakan ujung tombak dari PKK Nagari, Kecamatan dan Kabupaten hingga Provinsi dan Nasional. Terutama dalam mewujudkan keluarga, masyarakat serta bangsa yang sehat dan sejahtera. 


Ketua TP. PKK Kabupaten juga menyampaikan, dukungan dan sinergitas dari OPD, masyarakat di ranah dan rantau serta mitra dan sektor terkait untuk kegiatan PKK, sudah berjalan sangat baik. Beliau juga menghimbau agar di setiap masyarakat ada gerakan rajin menanam dan memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing, untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga.


Sementara itu, Ketua Tim Pokja 4 TP. PKK Provinsi Sumatera Barat Syafrizal Basri yang lebih dikenal dengan sebutan "Pak Cik" sangat mengapresiasi, atas dukungan penuh dari Ketua TP. PKK Kabupaten dan Kerjasama antar lintas sektor serta upaya inovasi yang telah dilakukan dalam kegiatan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana ini. (suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update