Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Diskominfo Solok Belajar SPBE ke Pessel

Kamis, 24 Februari 2022 | 12:59 WIB Last Updated 2022-02-24T05:59:59Z

Diskominfo Solok saat di Pessel.

Painan, Rakyatterkini.com - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) jadi percontohan bagi kabupaten/kota di Sumbar dalam penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Eletronik (SPBE).


Buktinya, Rabu (23/2/2022), Pessel jadi tujuan studi komparatif bagi Diskominfo Kabupaten Solok dalam mempelajari penerapan SPBE tersebut.


Dipimpin Sekretaris Diskominfo, Syafriwal bersama rombongan belajar bagaimana Diskominfo Pessel mengelola SPBE tersebut, dan mereka diterima langsung Sekkab Pessel, Mawardi Roska dan Kadis Kominfo Junaidi di ruang kerja kadis.


Syafriwal menjelaskan karena Pessel dua kali meraih prestasi penerapan SPBE yakni pada 2019 dengan indek 3,4 dan 2021 dengan indek 3,34. Itu lah yang menjadi motivasi pihaknya untuk sharing menyangkut pola dan sistem dari penerapan SPBE yang baik bagi daerahnya.


Pada 2021 lalu, indek SPBE yang didapat Pemkab Solok 2,87. Tapi pada 2020 lalu kami bisa sampai indek SPBE-nya 3,5 dengan predikat sangat baik, kata Syafriwal.


Namun, sebutnya, di 2021 itu terjadi perubahan indikator penilaian SPBE, sehingga membuat Pemkab Solok harus mengulangi lagi persiapannya karena bedanya indikator penilaian itu.


Akibatnya, lanjut Syafriwal, pihaknya lakukan banyak persiapan apalagi belum begitu paham indikator mana saja yang alami perubahan.


"Kami melihat di Pessel, penerapan SPBE-nya sudah bagus di 2021 itu yakni 3,34, karena indikator yang jadi penilaian pada tahun itu juga sudah disesuaikan dengan perubahan yang ada," ucap Syafriwal lagi.


Melihat kenyataan itu, sambungnya, Diskominfo Kabupaten Solok berinisiatif untuk bisa sharing dan belajar bagaimana pengelolaan dan penetapan SPBE yang baik dari Pessel. Dirinya juga terkesan dengan konsep satu data yang dibuat Pemkab Pessel saat ini.


Kepala Diskominfo Pessel, Junaidi menyebutkan keberhasilan Pessel dalam penerapan SPBE karena terintegrasinya insfrastruktur dan sdm dalam mensupport penerapan SPBE ini.


Yang terpenting dari itu adalah dengan adanya komitmen dari pimpinan, termasuk kepala OPD, kecamatan hingga nagari dan juga koordinasi bersama stakeholder yang ada. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update