Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

NU Padang Pariaman Mulai Pikirkan Ekonomi Umat

Kamis, 24 Februari 2022 | 10:02 WIB Last Updated 2022-02-24T03:02:47Z

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur saat launching koperasi konsumen NU.


Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menyambut baik dilaunchingnya Koperasi Konsumen Nahdlatul Ulama Padang Pariaman. 


Di tengah ambruknya perkoperasian di Padang Pariaman, kini muncul Koperasi Konsumen NU untuk kembali menggerakkan perkoperasian sebagai soko guru perekonomian.


Demikian diungkapkan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, saat launching Koperasi Konsumen Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Padang Pariaman, bertempat di Pondok Pesantren Bustanul Yaqin, Nagari Punggung Kasiak, Kecamatan Lubuak Aluang, Padang Pariaman.


Menurut Suhatri Bur, tantangan koperasi di Padang Pariaman memang berat. Di daerah lain ada sawit, muncul koperasi sawit. Ada tambang, didirikan koperasi tambang. Kegiatan ekonominya jelas dan produktif, sehingga koperasi tersebut bisa bertahan dan menjadi besar.


Sementara di Padang Pariaman, tidak ada koperasi yang bisa bertahan dan besar. Karena usaha ekonomi produktif yang bisa menopangnya tidak ada, tutur Suhatri Bur.


Suhatri Bur mengingatkan Koperasi Konsumen NU Padang Pariaman jangan hanya bersemangat mengembangkan koperasi di awal berdiri saja. Yang penting itu bagaimana mengembangkan dan mempertahankan koperasi tetap mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya. 


Ketua Tanfidziyah PC. NU Padang Pariaman, Zainal Tuanku Mudo mengatakan, NU Padang Pariaman tidak hanya mengurus pondok pesantren dan kegiatan sosial lainnya, tapi juga mulai memikirkan ekonomi. Langkah awal mendirikan koperasi, adalah untuk memperkuat ekonomi anggotanya.


“Pendirian koperasi ini untuk mengurus ekonomi umat, sesuai dengan arahan Ketua Umum PB. NU Yahya Cholil Staquf. Membangun ekonomi umat tentu ada wadahnya, koperasi inilah wadahnya,” tutur Zainal, mantan Ketua PW. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Provinsi Sumatera Barat ini.


Pendirian koperasi ini, juga harus disiapkan sumberdaya manusia yang mampu mengembangkan ekonomi. NU Padang Pariaman secara perlahan menyiapkan kader yang mampu mengelola koperasi kedepannya, tambah Zainal.


Ketua Koperasi Konsumen NU Padang Pariaman Budi Irawan dalam laporannya menyebutkan, terdapat 25 pendiri koperasi. Mereka memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak saja di Kabupaten Padang Pariaman, tetapi juga ada yang dari Kota Pariaman, Kota Padang bahkan Tangerang Selatan (Banten).


“Koperasi ini sudah dipersiapkan setahun lalu oleh PCNU Kabupaten Padang Pariaman. Alhamdulillah, hari ini dilaunching. Insya Allah usaha yang akan dikembangkan unit pertanian, perikanan, perkebunan dan pengadaan jasa,” tutur Budi Irawan. (suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update