Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Produk Kerajinan dan Makanan Solok Selatan Cukup Dikenal

Senin, 22 November 2021 | 21:34 WIB Last Updated 2021-11-22T14:34:38Z

Produk kerajinan dan makanan Solok Selatan cukup dikenal. 


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Musyawarah daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Solok Selatan 2021 berjalan lancar, Senin 22 November 2021.


Tema tersebut bermakna peran Dekranasda sangat penting dalam upaya mengembangkan dan melestarikan kerajinan daerah, membina para pengrajin untuk menghasilkan kerajinan yang berkualitas.


Terutama kerajinan-kerajinan yang memiliki nilai seni dan budaya sehingga perlu dipertahankan dan dilestarikan, tutur Ketua Dekranasda Kab. Solok Selatan Ny. Hj. Erniati Khairunas.


Kadis Perindagkop & UKM Solok Selatan selaku Ketua Harian Dekranasda mengatakan agenda kegiatan ini adalah melaksanakan pengukuhan dan pelantikan pengurus Dekranasda Solok Selatan periode 2021-2024, penyampaian program kerja dan peningkatan kapasitas pengurus.


Bupati Khairunas mengatakan produk kerajinan dan makanan Solok Selatan telah cukup dikenal, seperti produk kriya sulaman dan bordiran yang sudah menjadi pakaian seragam bagi kalangan pelajar dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. 


Produk makanan olahan seperti kerupuk kulit/jangek dan kopi produk Solok Selatan yang sudah begitu dikenal di tingkat provinsi bahkan sampai ke tingkat pusat.  


Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar, diwakili Sekretaris Dewan Kerajinan Nasional Sumbar menyatakan dari beberapa kab/kota se-sumbar, hanya Solok Selatan yang sangat siap dalam penyelenggara musda ini. 


Tantangan Dekranasda Kab Solok Selatan ke depan adalah bagaimana produk kerajinan menjadi subjek sub industri ekonomi kreatif sehingga dapat berperan untuk penyediaan lapangan pekerjaan di tengah pandemi covid 19. (alwis)




×
Berita Terbaru Update