Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gubernur: Meningkatkan Kapasitas Generasi Muda Upaya Membangun Bangsa

Selasa, 23 November 2021 | 09:56 WIB Last Updated 2021-11-23T02:56:28Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi pada acara peningkatan kompetensi generasi muda.

Bukittinggi, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menuturkan meningkatkan kapasitas dan kualitas generasi muda, sebuah keharusan untuk bisa mencapai tujuan.


Itu dikatakan gubernur pada peningkatan kompetensi generasi muda di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Senin (22/11/2021).


Pemprov Sumbar sangat menyadari potensi besar itu karena dalam RPJMD Sumbar 2021-2026 pemuda adalah salah satu yang mendapatkan perhatian besar.


"Kita berkomitmen untuk mengupayakan agar generasi muda Sumbar bisa menyambung kuliah di universitas dalam dan luar negeri. Kita juga menggagas program 100 ribu enterpreneur. Ini adalah upaya untuk menciptakan pemimpin masa depan guna menyokong visi Indonesia Emas, "katanya.


Kegiatan peningkatan kompetensi generasi muda yang digelar adalah untuk menjawab misi itu karena yang akan menjadikan bangsa ini bangsa yang besar dan disegani oleh bangsa lain adalah pemuda.


Namun ia juga mengingatkan pemimpin itu tidak datang dari kelas dan pelatihan. Ilmu yang ditimba di kelas dan pelatihan adalah pondasi untuk terjun ke masyarakat karena pemimpin itu ditempa, belajar  dan muncul di tengah masyarakat.


Sumbar memiliki keuntungan dalam hal itu karena budaya Minang sangat kuat dalam tradisi lisan, dalam kata lain kemampuan berbicara telah secara alami terbentuk dalam konteks budaya.


Karena itu generasi muda tidak boleh lepas dari nilai-nilai luhir budaya Minangkabau meski berada dalam arus globalisasi yang tanpa sekat budaya.


Kepala Biro Kesra Sumbar, Syaifullah mengatakan kegiatan itu diikuti oleh 100 peserta mahasiswa dan pelajar dari Kota Padang difasilitasi anggota DPRD Sumbar Gustami Hidayat.


Narasumber yang dihadirkan diantaranya sekretaris umum Elsanra Eka Putra, Pengurus Masjid Raya Sumbar dan Peserta Peningkatan Pelatihan Generasi Muda dan tamu undangan lainnya.


Pengurus Masjid Raya Sumbar, Yuzardi Maad mengatakan selama ini belum ada remaja masjid di masjid kebanggaan Sumbar itu. 


"Alhamdulillah sekarang bisa terbentuk. Kita harapkan remaja yang beriman tumbuh di masjid kita. Bisa berdakwah di kalangan remaja," katanya. (adpim)

×
Berita Terbaru Update