Notification

×

Iklan

LSM Echo Green Gelar Pelatihan di Padang Pariaman

Kamis, 16 September 2021 | 15:27 WIB Last Updated 2021-09-16T08:27:15Z

Pelatihan praktik pertanian di Padang Pariaman.


Pariaman, Rakyatterkini.com - Ekonomi yang terus tumbuh dan memberikan lapangan kerja serta mengurangi kemiskinan, tanpa mengabaikan perlindungan, khususnya fungsi ekosistem dan keragaman hayati, serta mengutamakan keadilan sosial.


Terkait hal itu, Konsil LSM Indonesia "Echo Green" menggelar pelatihan teknis tingkat kecamatan guna meningkatkan kerjasama antar LSM tentang model pratik pertanian ramah lingkungan, inovatif dan menjanjikan untuk kelompok tani perempuan dan generasi muda tani.


Program ECHO-Green yang dilaksanakan oleh LSM Konsil Indonesia berlangsung selama 3 tahun. Mulai 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2022, berlokasi di 3 Kabupaten (Padang Pariaman Sumatera Barat, Grobogan Jawa Tengah, Lombok Timur NTB) di Indonesia dan didukung oleh Uni Eropa.


Manajer Program Ramadhaniati menyebutkan program ECHO-Green yang dijalankan di Kabupaten Padang Pariaman, bertujuan mempromosikan inisiatif ekonomi hijau oleh petani perempuan dan generasi muda di sektor pertanian. 


Dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, kesempatan kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif guna mendukung pencapaian SDGs Desa di Indonesia.


Dalam prakteknya, program ini pada dasarnya akan menyasar permasalahan sektor pertanian di hulu sampai hilir dan diharapkan bisa berkontribusi pada pencapaian SDGs Desa sebagaimana diatur dalam Permendesa No 13/2020 yaitu; Desa Tanpa Kelaparan (SDG 2), Desa Ekonomi Tumbuh Merata (SDG 8), dan Desa Ramah Perempuan (SDG 5). 


Ia menyebutkan, untuk Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman, kegiatan pelatihan ini akan dilakukan tiga kali pertemuan dengan materi yang berbeda. 


Pelatihan pertama Pengenalan Konsep Ekonomi Hijau, pada Kamis 16 September 2021 bertempat di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakis. 


Lalu, yang kedua tentang Pupuk dan Nutrisi Tanaman, pada Kamis 23 September 2021 bertempat di Demplot KWT Harmonis Nagari Padang Toboh Ulakan. 


Pelatihan ketiga Pengelolaan Produk turunan VCO, pada Kamis 30 September 2021 bertempat di Demplot GMT Nagari Kampuang Galapuang Ulakan.


"Diharapkan nantinya peserta dapat mengetahui dan memahami model praktik pertanian ramah lingkungan, inovatif dan menjanjikan untuk kelompk tani perempuan dan generasi muda tani dalam sektor pertanian berkelanjutan". Sebut Ramadhaniati. (sgr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update