Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

LPPM Unand Dampingi Pembentukan Koperasi Maggot Sumbar

Sabtu, 18 September 2021 | 22:12 WIB Last Updated 2021-09-18T15:12:55Z

Penggiat maggot berkumpul di Padang.


Padang, Rakyatterkini.com - Koperasi Sahabat Penggiat Maggot Sumbar berdiri di Bukit Belimbing Indah, Padang. Sebelum pendirian koperasi, diadakan pembekalan bagi calon anggota koperasi oleh Kasi Perizinan, Dinas Koperasi dan UKMKM Provinsi, Edwar.


Dr. Resti Rahayu, dosen Fakultas Biologi Unand mengatakan koperasi dibentuk dengan harapan menjadi wadah bagi kawan-kawan penggiat maggot BSF.


Maggot BSF atau sering juga disebut sebagai lalat tentara hitam adalah lalat pengurai sampah dengan daya konversi yang sangat luar biasa. Mengurai sampah menjadi biomassa dengan kandungan protein yang sangat tinggi. 


Kandungan protein maggot BSF ini bisa mencapai 50% dari berat kering tubuhnya. Maggot BSF ini menjadi pakan berbagai jenis ternak unggas maupun ikan, baik dalam bentuk maggot segar maupun kering. 


Pembentukan Koperasi Maggot Sumbar ini mendapat pendampingan dari Universitas Andalas melalui Program Pengabdian Kepada Masyrakat (PKM) yang dikemas dalam bentuk Program Kemitraan Membantu Usaha Berkembang yang diketuai Dr. Resti Rahayu.


Penggiat maggot yang datang dari Payakumbuh adalah Ses dan Firman. Mereka datang, selain memang ingin masuk koperasi Maggot juga merasakan manfaatnya berkumpul dengan para komunitas maggot. (rel)




×
Berita Terbaru Update