Notification

×

Iklan

Bencana Tanah Longsor Ujung Batu, Bupati Carikan Solusi

Minggu, 19 September 2021 | 19:34 WIB Last Updated 2021-09-19T12:34:57Z

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar tinjau bencana banjir.

Painan, Rakyatterkini.com - Bupati Pesisir Selatan, mengunjungi masyarakat yang terkena bencana tanah longsor di Ujung Batu, Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai Kecamatan Ranah Pesisir, Minggu 19 September 2021.


Pada kesempatan itu, bupati didampingi, anggota DPRD Pessel, Novermal, Kepala BPBD, Erman Budiarto, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak yang diwakili Kabid Pelindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Rita Susandra, Camat Ranah Pesisir Zul Arzil.


Dalam kunjungan tersebut bupati selain menyerahkan bantuan juga melakukan dialog dengan masyarakat yang terdampak tanah longsor.


Sebagimana diketahui, delapan unit rumah warga masyarakat di Ujung Batu, Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, tertimpa tanah longsor, Sabtu 18 September 2021.


Dari delapan tersebut tiga rumah rusak berat, yaitu rumah Ropika Yanti/Yan Sabastian, Topit/Ramhmadani dan Aidil Fitri/Osmaini.


Sedang rumah rusak kategori sedang tiga unit yaitu rumah Ben Suhendri /Fitradewita, Pendi/Yelisman, Liber Waneri/Jasma dan sisanya rusak ringan yaitu rumah Harusman /Peni Warni Erman/Rosmaniar.


Adapun bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh bupati pada saat itu, makanan siap saji, terpal, selimut, kasur, family kit, peralatan dapur, serta bantuan lainnya. Pada kesempatan itu  bupati juga menyerahkan batuan uang dari anggota DPR RI, Andre Rosiade dan anggota DPRD Pessel, Novermal


Dalam kesempatan itu, Bupati Rusma Yul Anwar, menyampaikan rasa duka kepada masyarakat yang rumahnya tertimpa tanah longsor.


Terhadap warga yang rumahnya tanah longsor, bupati meyarankan kepada warga yang rumah tertimpa tanah longsor untuk tidak membangun kembali rumah di lokasi yang sama karena sangat rawan.


Berkaitan pembangunan kembali rumah yang rusak akibat longsor, kata bupati pihaknya akan membicarakan dengan Baznas dan BPBD. Selain itu, bupati juga berjanji akan menyampaikan permasalahan ini kepada anggota DPR RI, Andre Rosiade.


Sementara itu, anggota DPRD Pesisir Selatan asal Kecamatan Ranah Pesisir, Novermal, menyampaikan, terimakasih atas kunjungan Bupati Rusma Yul Anwar.


Senada dengan bupati, Novermal, menyarankan agar masyarakat terdampak tanah lpngsor merelokasi bangunan rumahnya ke lokasi lain.


Berkaitan degan usaha membangun kembali rumah masyarakat, pihak juga sudah menghubungi beberapa pihak swasta untuk ikut berpartisipasi membantu mereka. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update