Notification

×

Iklan

Pemkab Tanah Datar dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama

Rabu, 28 Juli 2021 | 21:06 WIB Last Updated 2021-07-28T14:06:47Z

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian jalin kerjasama dengan BPJS.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melakukan kerjasama dengan BPJS untuk meningkatkan jaminan perlindungan sosial ketenagakerjaan, dengan penandatangan nota kesepakatan, di Emersia Hotel, Rabu 28 Juli 2021.


Bupati dengan BPJS Ketenagakerjaan juga menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk menyusun rencana kerja, yang dibuka Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian 


"Saya memandang FGD ini sangat penting, kita bersama-sama dapat merumuskan dan merencanakan langkah-langkah yang perlu diambil pada OPD-OPD terkait dalam rangka memberikan jaminan perlindungan sosial ketenagakerjaan, "ujar Richi.


Berdasarkan data BPS, di Tanah Datar pada 2020 jumlah angkatan kerja yang bekerja sebanyak 170.744 orang, mereka bekerja di berbagai sektor dengan berbagai profesi atau pekerjaan, baik sebagai pekerja formal maupun informal. 


Sementara dari data BPJS Ketenagakerjaan cakupan kepesertaan di Tanah Datar pada tahun 2021 baru sebanyak 19.885 orang atau sekitar sekitar 13,30%, berarti ada sekitar 86,70% orang yang belum ada jaminan sosial ketenagakerjaannya atau belum terlindungi. 


“Untuk itu saya minta kepada perangkat daerah yang hadir pada FGD ini agar ikut memikirkan dan mendukung upaya pemecahan masalahnya,” tegas wabup.


Langkah awal yang dilakukan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar merencanakan melalui KUA/PPAS tahun 2022 penganggaran dana untuk pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi 302 orang da’i yang melaksanakan tugas-tugas dakwahnya di Kabupaten Tanah Datar.


Disebutkan wabup, pada tahun 2021 ini saja sampai dengan kondisi 27 Juli 2021, BPJS Ketenagakerjaan sudah membayarkan klaim senilai Rp.43.896.506.506,- suatu jumlah yang sangat besar disaat-saat pandemi covid 19 ini.


Kepala Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Ocky Olivia menyampaikan harapan dengan kerjasama ini terjadi peningkatan coverage share kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Tanah Datar untuk masyarakat pekerja.


"Harapan kami melalui kerjasama dengan pemerintah daerah ini, seluruh pekerja di Tanah Datar, baik sektor formal, non formal, dan pekerja konstruksi dapat terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Ocky. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update