Menambah Populasi Ikan, Restoking Bermanfaat bagi Warga -->

Menambah Populasi Ikan, Restoking Bermanfaat bagi Warga

Sabtu, 26 September 2020, 09:02



Padang, Rakyatterkini - Restoking (penyebaran binih) ikan nila dan puyu yang dilakukan Wagup Nasrul Abit di beberapa tempat kota Padang, diharapkan bermanfaat bagi warga sekitar.


"Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa membantu warga sekitar, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri.


Yosmeri berharap restoking tersebut hendaknya dapat menambah populasi ikan, sekaligus upaya melestarikan jenis ikan puyu dan nila ini sebagai upaya ketahanan pangan masyarakat sepanjang waktu.


Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Datuak Malintang Panai melakukan restoking (penyebaran benih) ikan nila, dan ikan puyu.


Kegiatan itu digelar irigasi Musholla Nurul Hadi Bawah Bungo, Kelurahan Alai Parak Kopi, dan Kalumbuak, Kuranji Padang.


Puluhan ribu bibit ikan ditebar di aliran sungai itu. Penyebaran benih bibit ikan ini untuk menjaga kelestarian agar tidak punah, sekaligus mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, karena ikan memiliki protein dan mengandung gizi tinggi.


Apalagi ikan puyu dan nila salah satu makanan kuliner khas enak dan gurih di Padang. Agar terpenuhinya konsumsi ikan masyarakat harus bisa menjaga populasi ikan tersebut dengan cara menjaga kebersihan aliran irigasi ini dari sampah dan racun. Peduli lingkungan asri akan membawa kebaikan kehidupan kita bersama. (hms-sumbar)




TerPopuler