Notification

×

Iklan

Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Agam Dorong Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak

Kamis, 13 Juni 2024 | 21:00 WIB Last Updated 2024-06-13T14:00:00Z

Kepala Bappeda Agam, Rahmad Lasmono, pimpin rapat koordinasi percepatan penurunan stunting.

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com - Menuju Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan kompetitif, Bupati Agam, Andri Warman, menekankan urgensi peningkatan kesehatan ibu dan anak serta penurunan angka stunting. 

Pernyataan ini diungkapkan pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tahun 2024, diwakili Kepala Bappeda Kabupaten Agam, Rahmad Lasmono, Rabu (12/6/2024).

Lasmono menyoroti peningkatan kualitas SDM terutama melalui peningkatan kesehatan ibu dan anak adalah fokus utama. Ini melibatkan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), serta penurunan angka stunting yang berdampak langsung pada bonus demografi.

"Dalam penanganan stunting, jika kita gagal, ini akan menjadi beban bagi negara. Namun, jika kita berhasil, Indonesia akan mencapai prestasi luar biasa," ujarnya.

Untuk mencapai SDM yang unggul, diperlukan komitmen semua pemangku kebijakan dalam percepatan penurunan stunting. Ini sesuai dengan Perpres 72/2021 yang menargetkan prevalensi stunting menjadi 14% pada tahun 2024. Saat ini, prevalensi stunting di Kabupaten Agam masih sebesar 20,1 persen menurut SKI 2023.

Rahmad menekankan pentingnya konvergensi lintas sektor, bukan hanya sebatas retorika. Komitmen, kerja keras, dan kesungguhan sangat dibutuhkan agar program, anggaran, dan kegiatan dapat saling melengkapi untuk memberikan intervensi yang efektif kepada keluarga sasaran.

Beberapa langkah kunci meliputi peningkatan komitmen, koordinasi, dan kolaborasi antar TPPS di semua tingkatan, mensinkronisasikan program antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sektor, serta menyediakan data yang akurat sesuai dengan kondisi lapangan.

Tindakan serentak dalam pencegahan stunting, melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, dan intervensi bagi seluruh sasaran (calon pengantin, ibu hamil, balita) secara berkelanjutan, juga ditekankan.

Lasmono menutup dengan menyoroti peran penting TPPS dalam mengawal perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi kegiatan. Hanya dengan komitmen bersama dan kerja keras, tujuan bersama dalam menurunkan angka stunting dan meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Agam dapat tercapai. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update