Notification

×

Iklan

Soal Kesejahteraan Guru Honorer, Tantangan Mendesak dalam Pendidikan Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 | 22:45 WIB Last Updated 2024-05-24T15:45:00Z

Lisda Hendrajoni.

Painan, Rakyatterkini.com - Menurut survei dari Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) dan GREAT Edunesia Dompet Dhuafa, mayoritas penghasilan guru honorer di Indonesia berada di bawah Rp2 juta per bulan, bahkan banyak yang di bawah Rp500 ribu.

Menyikapi temuan tersebut, anggota Komisi X DPR RI Lisda Hendrajoni menyatakan ini merupakan tantangan besar bagi sektor pendidikan di Indonesia yang harus segera diatasi. 

Menurutnya, persoalan ini telah berlangsung puluhan tahun tanpa mendapatkan solusi yang memuaskan. "Tantangan besar di dunia pendidikan harus segera diatasi. Reformasi pendidikan kita harus dipercepat. Bagaimana kita bisa menghasilkan generasi unggul jika kesejahteraan guru honorer terlantar seperti ini?" tegasnya.

Survei juga menemukan 42% dari guru memiliki penghasilan di bawah Rp2 juta per bulan, dengan 13% di antaranya bahkan di bawah Rp500 ribu per bulan. Namun, paradoksnya, banyak guru honorer yang diberi tanggung jawab mengajar untuk menggantikan guru tetap yang berhalangan mengajar.

Situasi ini menggambarkan masalah akut dalam dunia pendidikan kita yang belum teratasi, khususnya terkait kesejahteraan guru. 

"Ini sungguh mengherankan. Masalah ini sudah berlangsung puluhan tahun tanpa solusi, padahal kesejahteraan guru adalah salah satu prioritas dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini," ungkap politisi asal Sumatera Barat tersebut. (baron)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update