Notification

×

Iklan

Perantau Tanah Datar Dukung Pembangunan Pintu Tol Barulak, Akses Mudah untuk Pulang Kampung

Jumat, 24 Mei 2024 | 11:43 WIB Last Updated 2024-05-24T06:25:31Z

Gerbang Tol Trans Sumatera.

RAKYATTERKINI.COM  -  Perantau Tanah Datar di Pekanbaru menyambut baik gagasan pembangunan pintu tol di Barulak. Pemerintah pusat diminta memberikan dukungan untuk melanjutkan proyek tol ini hingga ke Pekanbaru.

Salah seorang perantau Tanah Datar di Pekanbaru, Rizaldi, menyatakan pintu tol di Barulak akan sangat memudahkan perantau untuk pulang kampung. 

"Pintu tol di Barulak dengan Payakumbuh adalah ide cerdas," ujarnya pada Jumat, 24 Mei 2024.

Jika pemerintah pusat melanjutkan pembangunan tol Bukittinggi-Payakumbuh hingga ke Pangkalan, Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, telah mengusulkan pembangunan pintu tol di Barulak.

Pemerintah pusat serius menyelesaikan proyek tol di Sumbar yang terhubung ke Pekanbaru. Selain pintu tol di Barulak, Wabup Richi Aprian juga mengusulkan pembangunan flyover di Koto Baru.

Richi juga pernah mengusulkan pintu tol di Kubu Karambie. Kawasan Koto Baru, Tanah Datar, sering menjadi titik kemacetan karena pasar dan jalan yang sempit.

Untuk mengatasi kemacetan, Richi Aprian bertemu Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hedy Rahadian, pada 14 April 2021 di Jakarta. 

Selain pintu tol, Richi mengusulkan beberapa proyek infrastruktur, termasuk pembangunan flyover di Koto Baru, Kecamatan X Koto. Proposal ini diterima oleh Dirjen Bina Marga, Hedy Rahadian.

Beberapa jembatan di Tanah Datar dipersiapkan untuk dibangun, mulai dari persiapan data perencanaan berupa DED dan surat pernyataan lahan oleh kepala daerah dan kesediaan pembebasan lahan. Tinggal bagaimana pemerintah pusat menanggapinya, ujar Richi, mengutip laman resmi pemerintah kabupaten pada Rabu, 14 April 2021.

Hedy Rahadian mengatakan, proposal tersebut akan dipelajari terlebih dahulu. "Tugas Kementerian PUPR adalah mendukung pembangunan daerah," ujarnya. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update