Notification

×

Iklan

Bordwalk Rusak, Ekowisata Konservasi Penyu Ampiang Parak Tinggal Kenangan

Rabu, 27 Maret 2024 | 13:04 WIB Last Updated 2024-03-27T06:04:47Z

Ekowisata Konservasi Penyu Ampiang Parak tinggal kenangan.

Painan, Rakyatterkini.com - Ekowisata Konservasi Penyu Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, hanya tinggal kenangan.

Padahal Nagari Ampiang Parak pada 2023 telah menganggarkan dan memperbaiki boardwalk tersebut dibantu secara berswadaya oleh pihak nagari dan kelompok ekowisata konservasi penyu itu.

Pj Wali Nagari Ampiang Parak, Iwal mengatakan, Ekowisata Amping Parak merupakan salah satu icon pariwisata di Pesisir Selatan dan dilirik manca negara, oleh sebab itu prasarana penunjang ekowisata menjadi perhatian nagari dan pemerintahan daerah.

Sementara itu, Haridman ketua kelompok konservasi penyu Ampiang Parak memaparkan, boardwalk yang ada saat ini sudah tidak layak difungsikan, dan sudah sangat rapuh tidak bisa dipergunakan lagi bagi pengunjung.

Dibulan 7 Ditahun 2023 silam, pembangunan Boardwalk Ekowisata konservasi penyu yang berantakan hancur itu, pernah dijanjikan pemerintah kabupaten Pesisir Selatan untuk diperbaiki namun tidak terlaksana sampai sekarang hanya janji tinggal janji.

Sebelumnya, Sekda Pessel Mawardi Roska saat berkunjung ke Ekowisata Amping Parak juga mengatakan, Ekowisata Amping Parak salah satu ekowisata yang berbasis masyarakat. Ini tentu menjadi perhatian khusus dan dukungan dari Pemkab.

Ekowisata Amping Parak telah memiliki kelembagaan yang baik, bahkan dalam berbagai ajang penilaian Ekowisata Amping Parak seringkali meraih penghargaan, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, juga menuturkan ekowisata saat ini menjadi tren wisata nasional dan bahkan dunia. Amping Parak bahkan setahun terakhir telah berhasil membangun segmen pasar Eropa. (baron)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update