Notification

×

Iklan

Sambut Lebaran dan Perantau, Pemkab Agam Bersihkan Jalan

Minggu, 02 April 2023 | 14:41 WIB Last Updated 2023-04-02T07:41:13Z

Petugas bersihkan jalan di beberapa titik di wilayah Agam.

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com — Persiapan menyambut lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H, sekaligus mempersiapkan penyambutan rang rantau pulang basamo, Pemkab Agam mulai melakukan berbagai persiapan.

Tidak hanya proses penyambutan dengan panitia khusus yang dibentuk bupati, tapi juga persiapan di lapangan.

Salah satu persiapan lapangan yang dilakukan yakni pembersihan ruas jalan yang menjadi area sentral kepadatan arus lalulintas di beberapa titik. 

Pembersihan area jalan menggunakan alat berat dibantu personel secara manual, dengan langsung membersihkan tepi jalan, deteksi potensi longsor dan pemasangan rambu penunjuk arah.

Proses pembersihan ruas jalan Panta-Batas Kota Bukittingi dalam wilayah kecamatan Matur dan IV Koto, digelar personel gabungan BPBD-DPUTR Agam, Minggu (2/4/2023) menggunakan alat berat yang menyisir jalan sepanjang 26 KM tersebut.

Informasi itu disampaikan Bambang Warsito, kepala BPBD Agam disela pembersihan area jalan Panta, Matur-Sianok, IV Koto, dalam rangkaian antisipasi dan deteksi potensi longsor dan banjir, mengingat ruas itu merupakan salah satu kawasan rawan bencana di kabupaten Agam.

"Kita lakukan pembersihan, sekaligus deteksi potensi titik-titik yang rawan, kita tata untuk mengantisipasi dampak lebih besar," ucap Bambang.

Proses pembersihan ruas jalan di berbagai lokasi yang selama ini dikenal sebagai kawasan padat arus lalulintas itu, dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi pengguna jalan, termasuk salah satu persiapan yang dilakukan Pemkab Agam dalam menyambut kedatangan perantau dalam program pulang basamo hari raya Idul Fitri yang sebentar lagi menjelang.

"Sesuai instruksi pimpinan, kita mulai lakukan pembersihan dan deteksi kawasan yang padat arus lalin, untuk mengantisipasi dampak yang berpotensi muncul dalam kondisi cuaca seperti sekarang. 

Tidak hanya Panta, Matur-Sianok, IV Koto, seluas ruas jalan terutama yang padat dilalui kendaraan menjadi pusat perhatian kita," jelas Bambang Warsito. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update