Notification

×

Iklan

47 Tahun di Buluh Kasok, Bupati Khairunas akan Bangun Daerah Pelosok Itu

Senin, 03 April 2023 | 10:17 WIB Last Updated 2023-04-03T03:17:05Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, serahkan bantuan saat safari ramadhan.

Padang Aro, Rakyatterkini.com – Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan pembangunan daerah yang dilakukannya secara bertahap, berangsur-ansur dengan bersama-sama membangun. 

Itu dikatakan saat safari Ramadhan 1444 H di Masjid Nurul Yaqin Buluh Kasok, Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Minggu (2/4/2023).

"47 tahun saya dibesarkan di daerah pelosok ini. Datang ke sini karena mencintai daerah dan masyarakatnya. Saya akan membangun daerah ini sehingga tidak lagi sebagai daerah terbelakang," terangnya.

Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan semenjak menjabat Bupati Solok Selatan. Khairunas menyatakan dengan kedatangannya ke Buluh Kasok dan dimasa kepemimpinannya Buluh Kasok bisa dilewati mobil.

"Saya datang ke Buluh Kasok, saya akan realisasikan program pemerintahannya di sini," tegasnya.

Kesempatan tersebut, Khairunas juga turut menyampaikann pembangunan Kabupaten Solok Selatan dibawah kepeminpinannya bersama Wabup Yulian EFi.

Diantaranya program Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz yang merupakan satu-satunya visi misi bupati/walikota se Sumatera Barat. Saat ini sebanyak 379 rumah tahfidz telah terbentuk, 275 didirikan pemerintah dan 104 mandiri dari sumbangan donatur dan perusahaan. Tujuannya adalah menciptakan generasi yang berkarakter dan hafal Alquran.

Kemudian dibagikan lebih kurang sebanyak 19,900 stel pakaian gratis, program kepesertaan BPJS Kesehatan yang hingga kini telah mencapai 93 persen, program SUKA SAPI yang direalisasikan, baik dari pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten. Puskesmas sehatkan nagari dan program unggulan lainnya.

Pengurus Masjid Nurul Yaqin Buluh Kasok, Jepriadi mengatakan, masyarakat Buluh Kasok rasa bermimpi dengan dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan pemerintah kabupaten. 

"Rasa bermimpi tapi nyata dikunjungi tim safari Ramadhan, sebab sudah belasan tahun belum dijamah oleh tim safari," katanya.

Bupati Khairunas juga meresmikan jembatan yang menghubungkan Nagari Padang Aia Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan dengan Jorong Buluh Kasok dan membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur,an (MTQ) Tingkat Nagari Padang Aia Dingin ke-VII Tahun 2023.

Oki Afriansyah, Ketua MTQ setempat mengatakan perlombaan MTQ akan dilangsungkan hingga 6 April mendatang dengan bermacam lomba, antara lain Tilawatil Quran tingkat anak-anak, remaja, Lomba Sholat Jenazah, Tahfiz, Qasidah, Azan. Penyelenggaraan ini dilaksanakan atas APB Nagari sebesar Rp. 15 juta. 

Khairunas juga memberikan sumbangan pribadi untuk pelaksanaan MTQ sebesar Rp10 juta.

Sementara Pemkab Solsel menyalurkan bantuan dana hibah masjid sebesar Rp30 juta dan sejumlah Alquran. Selain juga Baznas Solok Selatan juga memberikan bantuan biaya pendidikan dan bantuan konsumtif lansia. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update