Notification

×

Iklan

Nuzul Quran di Islamic Centre Koto Baru, Ini Pesan Bupati Solok

Minggu, 09 April 2023 | 09:37 WIB Last Updated 2023-04-09T02:37:27Z

Bupati Solok, Epyardi Asda saat peringatan Nuzulul Quran.

Solok, Rakyatterkini.com - Bupati Solok, Epyardi Asda bersama Tim Safari Ramadhan 1444 H menghadiri Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru, Sabtu 8 April 2023 malam.

Ustadz Dr. Adri Nofian, menyampaikan Alquran menjadi pegangan dan dasar bagi kehidupan. Dalam sejarah tercatat Alquran tidak diturunkan sekaligus kepada Rasulullah SAW.

Ayat-ayat Alquran diturunkan secara bertahap, sedikit demi sedikit dan berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Salah satu peristiwa yang terkait dengan sejarah turunnya Alquran ke bumi adalah Nuzulul Quran.

Secara bahasa, Nuzulul Quran berasal dari dua kata, yakni Nuzul (menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah) dan Alquran (kitab suci umat Islam).

Sehingga, Nuzulul Quran dapat diartikan peristiwa turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Sedangkan makna secara lengkap, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad untuk digunakan sebagai petunjuk bagi umat Islam, jelas Ustadz Adri Nofian.

Bupati Solok, Epyardi Asda mengatakan apa yang telah disampaikan ustad tadi dapat dijadikan pedoman dan pelajaran, karena manusia tidak ada yang sempurna.

Untuk meningkatkan pendidikan agama, Pemkab Solok bersama Baznas  memberikan bantuan kepada putra-putri terbaik untuk belajar di luar negeri maupun di dalam negeri.

Ada 8 putra putri terbaik akan diberi beasiswa melalui Baznas, agar menambah semangat dan membantu kekurangan bagi orang tuanya yang tidak mampu.

"Kami akan beri beasiswa yang diterima di kampus UI, ITB, UGM dan lainnya," terang bupati.

Epyardi Asda juga menyerahkan secara simbolis bantuan beasiswa fakir miskin pendidikan luar negeri sebesar Rp12 juta/tahun. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update