Notification

×

Iklan

Kunjungi Masjid Al Muhajirin Gaduang Solsel, Gubernur Mahyeldi Bawa Bantuan Rp63 Juta

Senin, 17 April 2023 | 14:20 WIB Last Updated 2023-04-17T07:20:04Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, menyambut Gubernur Mahyeldi, saat safari ramadhan.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansyarullah apresiasi program Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz dan pembagian seragam sekolah gratis di Solok Selatan.

Inisiatif Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan Program Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz, adalah untuk membangun pemuda-pemuda baru yang baik.

"Karena anak-anak muda sekarang yang akan meneruskan pembangunan akan datang, tinggalkan mereka dalam keadaan kuat, kuat akhlak, fisik, ekonomi. Kitalah (pemerintah) yang memberi bekal tersebut," kata Mahyeldi dalam safari Ramadhan ke Masjid Al Muhajirin, Gaduang, Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Minggu (16/4/2023).

Gubernur berkomitmen dan mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian secara serius terhadap masjid. Karena menurutnya, masjid adalah tempat terbaik mendidik generasi muda, untuk terpaut hatinya dan memakmurkan masjid.

Selain itu, kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, kerjasama antara komponen-komponen, kolaborasi antara sekolah, rumah ibadah untuk mencanangkan generasi muda terbiasa ke masjid mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, termasuk peran orang tua, tokoh masyarakat dan lain-lainnya.

Dalam safarinya tersebut, Mahyeldi menyampaikan anggaran Pemprov Sumatera Barat yang dikucurkan untuk Solok Selatan. 

Untuk tahun 2023, total anggaran sebesar Rp112 miliar, terdiri dari Rp27 miliar bidang pendidikan, Rp1 miliar bidang kemasyarakat dan desa, Rp8,2 miliar pada bidang pertanian, Rp4 miliar peternakan, bidang kehutanan sebesar Rp1,2 miliar. Dana bagi hasil sebesar RP57 miliar, anggaran penyelenggaraan MTQ sebesar Rp7 miliar.

Bupati Khairunas menyampaikan terima kasih kepada gubernur atas safari Ramadhan ke Solok Selatan.

Terkait program Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz di Solok Selatan, Khairunas menyebut pemerintah telah melakukan pembinaan kepada 379 rumah tahfidz, dari jumlah tersebut didirikan oleh pemerintah dan secara mandiri oleh masyarakat.

Khairunas juga menargetkan akan mengcover 100 persen masyarakat Solok Selatan melalui BPJS kesehatan pada tahun 2024. Kelanjutan Jalan Sungai Sungkai - Sungai Rumbai sebesar Rp56 miliar, juga tidak terlepas dari kesempatan dan peluang dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 

Dalam safari ke Masjid Al Muhajirin, Gaduang, Sangir, Gubernur Sumbar menyalurkan bantuan hibah masjid sebesar Rp50 juta, bantuan dari Bank Nagari Rp5 Juta, Dinas Pendidikan Pemrpov sebesar Rp3 juta, bantuan Jamkrida sebesar Rp5 juta dan sejumlah bantuan paket untuk ibu hamil dan balita. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update