Notification

×

Iklan

KPU Sawahlunto Bantah Tidak Transparan dalam Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024

Kamis, 06 April 2023 | 21:59 WIB Last Updated 2023-04-06T14:59:04Z

Jumpa pers KPU kota Sawahlunto.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Menyikapi maraknya pemberitaan terkait tidak transparannya KPU Sawahlunto dalam proses dan tahapan Pemilu 2024 beberapa waktu lalu, ditanggapi secara bijak oleh KPU Sawahlunto.

Mereka mengundang awak media untuk konferensi pers, di Khas Ombilin Hotel Sawahlunto, Kamis 6 April 2023.

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Sawahlunto, Rika Amelia menyatakan seluruh proses dan tahapan pemilu di kota Sawahlunto sudah berjalan sesuai dengan tahapan, dan aturan yang sudah ditetapkan serta juga telah melalui tahapan sosialisasi dan uji publik.

Menurutnya, benar apa yang diungkapkan media Bawaslu Kota Sawahlunto menemukan beberapa kesalahan dalam proses coklit dan pemutakhiran data pemilih dan sudah merekomendasikan untuk diperbaiki.

"Jadi semua temuan dan rekomendasi Bawaslu kota Sawahlunto sudah kita perbaiki dan tindak lanjuti di tingkat PPK, dan itu sudah diterima oleh Bawaslu kota Sawahlunto, sampai pleno penetapan DPS tingkat kota Sawahlunto kemaren, KPU Sawahlunto tidak ada lagi menerima rekomendasi apapun dari Bawaslu Sawahlunto, "ungkapnya.

Lalu mengenai keluhan Bawaslu, tidak terbukanya KPU memberikan daftar pemilih by name by address, sehingga menyulitkan Bawaslu melakukan pengawasan selama tahapan Coklit.

Menurut Rika sesuai ketentuan dan peraturan KPU tidak boleh memberikan data tersebut kepada siapapun, kecuali orang yang sudah ditunjuk oleh undang-undang. 

Bahkan tidak semua Komisioner KPU Sawahlunto yang boleh melihat dan mengakses data tersebut.

Seluruh proses dan tahapan pemilu 2024 yang berlangsung di KPU Sawahlunto sudah melalui tahapan sosialisasi secara terbuka, baik itu menjalin kerjasama dengan insan pers kota Sawahlunto, penempelan famplet dan spanduk serta melakukan koordinasi dengan segenap pihak yang berkepentingan di Kota Sawahlunto.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Sawahlunto, Fadhlan Armei, mengatakan konferensi pers tahapan Pemilu 2024 yang diselenggarakan hari ini adalah bertujuan untuk mensosialisasikan rangkaian proses tahapan pemilu 2024.

Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya adalah verifikasi parpol hingga penetapan parpol peserta pemilu 2024 oleh KPU RI, pemutakhiran data pemilih, pembentukan badan AdHoc dan tahapan Coklit yang seluruh tahapannya dilaksanakan secara terbuka serta juga melibatkan peran media.

"Terimakasih kepada seluruh awak media yang telah bekerjasama menyampaikan berbagai informasi tentang kepemiluan kepada masyarakat," ucapnya. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update