Notification

×

Iklan

Walikota Deri Asta Kunjungi School Goes To Geopark Puncak Sungai Botuang

Sabtu, 18 Maret 2023 | 21:48 WIB Last Updated 2023-03-18T14:48:55Z

Walikota Deri Asta disambut antusias siswa peserta School Goes to Geopark.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Geological Park (Geopark) atau disebut juga sebagai taman bumi adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi.

Dimana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

Guna lebih meningkatkan pemahaman dan pengenalan masyarakat terhadap Geopark ini, Geopark Youth Forum Sawahlunto bersama Pemerintahan Desa Tumpuak Tangah, menyelenggarakan School go to Geopark yang diikuti 200 siswa SD dan SMP Kecamatan Talawi,di Panorama Puncak Sungai Botuang Desa Tumpuak Tangah, Sabtu (18/3/2023).

"Ini adalah acara School goes to Geopark terbesar yang pernah diadakan, diikuti lebih dari 200 siswa SDN.15 Kumani Ateh, SDN.03 Tumpuak Tangah dan SMPN.05 Sawahlunto," ujar Robert Ramadona Ketua Geopark Youth Forum (GYF) Sawahlunto.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta, sangat mengapresiasi agenda GYF  bersama Pemerintahan Desa Tumpuak Tangah dan TP.PKK Desa ini.

"Luar biasa, selamat kepada GYF dan Pemerintahan Desa Tumpuak Tangah, kita tidak menyangka pesertanya sebanyak ini." ungkapnya.

Kemudian lanjutnya, area Panorama Puncak Sungai Botuang di Desa Tumpuak Tangah ini adalah bagian dari bentangan Singkarewang yang 90 % jenis bebatuannya ada di Sawahlunto dan inilah yang menyebabkan Sawahlunto ditetapkan sebagai Kawasan Geopark Nasional (GN) oleh Pemerintah Pusat dengan nama GN Sawahlunto.

Kepala Desa Tumpuak Tangah, Rudi Guslianto juga menyampaikan terimakasih dan penghargaannya kepada masyarakat Tumpuak Tangah yang telah menyerahkan tanah dan lahannya secara sukarela, guna menunjang kelengkapan sarana dan prasarana umum di lokasi GN Sawahlunto area Panorama Puncak Sungai Botuang. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update